EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

تحليل مواد المفردات في كتاب اللغة العربية للطالب الذي ألفه وزارة الشؤون الدينية - الإندونيسية "Analisis Materi Kosakata pada Buku Bahasa Arab Siswa Karangan Kementerian Agama – Indonesia"

Piqri, Muhammad Hairul (2022) تحليل مواد المفردات في كتاب اللغة العربية للطالب الذي ألفه وزارة الشؤون الدينية - الإندونيسية "Analisis Materi Kosakata pada Buku Bahasa Arab Siswa Karangan Kementerian Agama – Indonesia". Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Pernyataan.pdf

Download (173kB)
[img] Text
Bagian Awal Skripsi Muhammad Hairul Piqri.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (742kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (819kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (349kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (286kB)

ABSTRAK

Buku teks (buku pelajaran) adalah buku acuan wajib untuk kegiatan belajar mengajar yang disusun secara sistematis dalam rangka meningkatkan segala aspek yang dimiliki siswa yang berkaitan dengan kurikulum yang digunakan. Pada penelitian ini, penulis menganalisis materi ajar kosakata pada aspek bahasa dalam buku Bahasa Arab kelas X karangan Kemenag sesuai KMA 183 tahun 2019. Tujuan penelitian disini untuk mengetahui bagaimana gambaran materi kosakata pada buku ajar bahasa Arab kelas X MA berdasarkan KMA 183 dan untuk mengetahui bagaimana analisis materi kosakata dengan aspek bahasa pada asas pengembangan bahan ajar bahasa Arab dalam hal kesesuaian konten materi. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian pustaka (Library Research), serta mengambil metode penelitian deskriptif dan pendekatan penelitian kualitatif dengan menganalisis isi dari sebuah buku ajar sesuai aspek bahasa berdasarkan 19 poin analisis Mahmud Kamil Naqah. Peneliti menemukan tentang konten materi kosakata pada buku ajar yang digunakan di kelas X atas 6 buah pelajaran dengan menghasilkan pada pelajaran pertama ada 45 kosakata, pelajaran kedua terdapat 38 kosakata, pelajaran ketiga terdapat 100 kosakata, pelajaran keempat terdapat 63 kosakata, pelajaran kelima terdapat 30 kosakata dan pelajaran keenam terdapat 46 kosakata. Berikutnya peneliti mendapati bahwa pada pelajaran kedua selain pada pelajaran pertama, ketiga, keempat, kelima dan keenam tidak terdapat latihan untuk kosakata. Hasil analisis yang didapatkan oleh peneliti yaitu sebagian besar poinnya itu sesuai, dan sebagian kecil yang sebagian sesuai, dan sedikit poin yang digolongkan tidak sesuai dari semua pelajaran yang ada di buku tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 21 Mar 2022 06:08
Last Modified: 21 Mar 2022 06:08
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18864

Actions (login required)

View Item View Item