EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

MANAJEMEN DAKWAH PADA MAJELIS TAKLIM DI MASJID AT-TAQWA BANJARMASIN

Rusmini, Dewi (2021) MANAJEMEN DAKWAH PADA MAJELIS TAKLIM DI MASJID AT-TAQWA BANJARMASIN. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (176kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (590kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (274kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (389kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Latar belakang penelitian didasari pada tantangan dakwah di era globalisasi dimana orang sudah menggunakan teknologi canggih, disisi lain hal tersebut berdampak positif maupun negatif tergantung orang-orang yang menggunakannya. Maka dari itu perubahan tersebut menjadi tantangan terbesar agar masyarakat bisa memanfaatkan teknologi ke arah hal-hal kebaikan yang bernilai positif terutama esensi yang berlandaskan ilmu agama yang dapat dilakukan oleh lembaga dakwah di majelis taklim. Permasalahan di atas merupakan salah satu tolak ukur bagi seorang Dai atau lembaga untuk dapat menerapkan fungsi manajemen dakwah dengan baik. Oleh karena itu peneliti tertarik meneliti bagaimana pengelolaan di majelis taklim Masjid At-Taqwa Banjarmasin hingga berkembang dengan cepat dan mampu menarik perhatian masyarakat. Persoalan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen dakwah pada majelis taklim di Masjid At-Taqwa Banjarmasin serta faktor pendukung dan faktor penghambat apa saja yang ada di majelis taklim Masjid At�Taqwa dalam proses aktivitas dakwah. Jenis penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi sehingga bisa mengambarkan dan mengungkapkan fakta dan data yang ada dalam manajemen dakwah pada majelis taklim di Masjid At-Taqwa Banjarmasin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen dakwah pada majelis taklim di Masjid At-Taqwa banjarmasin sudah berjalan dengan baik dengan menerapkan fungsi manajemen dakwah seperti Takhthith (perencanaan), Thanzhim (pengorganisasian), Tawjih (menggerakkan), Taqabah (pengawasan atau evaluasi) dan unsur-unsur dakwah seperti da’i (pelaku dakwah), mad’u (penerima dakwah), maddah (materi dakwah), wasilah (media dakwah), thariqah (metode dakwah) dan atsar (efek dakwah). Adapun hasil penelitian lain dapat dilihat dari segi internal maupun eksternal terutama pada faktor pendukung dan penghambat seperti; Faktor Pendukung internal: kenyamanan lingkungan, fasilitas yang memadai, media sosial dan pendanaan yang baik dan lancardan faktor Pendukung eksternal : Antusias para jemaah. Faktor penghambat internal parkiran yang kurang luas dan penceramah lupa jadwal dan faktor penghambat eksternal : faktor alam dan ketidakaktifan jemaah.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 23 Mar 2022 06:53
Last Modified: 23 Mar 2022 06:53
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18880

Actions (login required)

View Item View Item