EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

MANAJEMEN DAKWAH MAJELIS TAKLIM SABILAL MUHTADIN DI DESA ANDANG KECAMATAN HARUYAN KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH

Wirawati, Nina (2022) MANAJEMEN DAKWAH MAJELIS TAKLIM SABILAL MUHTADIN DI DESA ANDANG KECAMATAN HARUYAN KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN .pdf

Download (147kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (710kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan melihat fakta bahwa Majelis Taklim Sabilal Muhtadin merupakan salah satu Majelis yang mempunyai jemaah terbanyak di Kecamatan Haruyan. Jemaah yang hadir dari berbagai kalangan dan dari berbagai daerah dan tentunya semua itu mempunyai manajemen yang baik di dalamnya, dan dibangunnya Majelis Taklim bertujuan untuk menghidupkan dan menyebarluaskan syiar Islam agar masyarakat bertambah ilmu pengetahuannya. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana materi dakwah, metode dakwah dan bagaimana pelaksanaan fungsi manajemen dakwah yang dilakukan Majelis Taklim Sabilal Muhtadin. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan terjun langsung kelapangan untuk menggali data yang diperlukan sesuai dengan masalah yang diteliti, melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian dibuatlah melalui proses pengumpulan data, editing data, menyusun data, serta membuat analisis data. Hasil penelitian ini bahwasanya Majelis Taklim Sabilal Muhtadin sudah sesuai dengan teori fungsi-fungsi manajemen dakwah. Untuk materi yang ada di majelis ini Sabilal Muhtadin adalah fiqih, tauhid dan tasawuf. Metode dakwah yang digunakan adalah metode dakwah bil-Lisan atau ceramah. Dan pelaksanaan fungsi manajemen dakwah perencanaan dakwah ditunjukkan dengan adanya program kegiatan, perencanaan jangka pendek dan jangka panjang dan perencanaan yang berulang setiap tahun. Pengorganisasian dakwah ditunjukkan dengan adanya kepengurusan, pelaksanaan dakwah ditunjukkan oleh adanya pelaksanaan tahapan perencanaan dan pemberian arahan motivasi dan komunikasi, dan pengawasan/evaluasi dakwah ditunjukan dengan adanya evaluasi K.H Murjani sendiri mengenai materi yang disampaikan dan evaluasi bersama yaitu rapat pembubaran atau syukuran jika kegiatan tahun ini masih ada yang kurang maka tahun depan akan disempurnakan kembali.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Users 6417 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2022 01:04
Last Modified: 25 Mar 2022 01:04
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18904

Actions (login required)

View Item View Item