EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

ANALISIS ISI PESAN DAKWAH DALAM NOVEL BERJUDUL “PULANG” KARYA DARWIS TERE LIYE

Fitri, Aulia (2022) ANALISIS ISI PESAN DAKWAH DALAM NOVEL BERJUDUL “PULANG” KARYA DARWIS TERE LIYE. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN .pdf

Download (427kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (974kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (923kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (252kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (371kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

ABSTRAK

Novel sebagai media dakwah sangat berpontensi untuk menjadi sarana mengenalkan keindahan islam yang dikemas melalui bahasa yang khas, halus, indah, komunikatif, dengan menggunakan metode dakwah yang khas dari pengarang atau penulisnya untuk disampaikan kepada para pembaca dan pecinta novel. Penelitian ini dilatar belakangi dengan perkembangan zaman yang semakin maju dalam penyebaran Dakwah Islam. Semakin zaman berubah, teknologi semakin canggih jadi sekarang penyebaran dalam berdakwah tidak hanya disampaikan melalui tulisan, namun juga dapat dilakukan melalui berbagai macam media massa seperti youtube dan lainnya. Saat ini banyak penulis Indonesia yang menggunakan media tulisan sebagai penyebaran dakwah, salah satunya adalah novel. Didalam novel yang ditulis penulis disisipkan berbagai pesan yang mengandung dakwah, yang disampaikan penulis lewat perilaku, ucapan, karakter, alur cerita dan cara para tokoh berinteraksi dengan lingkungannya. Seperti Novel berjudul Pulang ditulis oleh Tere Liye yang mana pada novel ini disisipkan pesan dakwah. Dalam novel ini menceritakan betapa kuatnya dan tegarnya perjalanan hidup Seorang pemuda bernama Bujang untuk pulang (ke jalan Allah), yang akan bermanfaat bagi pembaca untuk menjalani kehidupan. Maka dari itu muncul rumusan masalah yang ingin dikaji tentang bagaimana pesan dakwah dalam novel berjudul Pulang karya darwis Tere Liye dalam tinjauan analisis isi dan apa saja pesan dakwah yang terdapat dalam novel berjudul Pulang karya Darwis Tere Liye. Penelitian ini merupakan jenis penelitian library research karena data yang diperlukan merupakan data yang didapat dari literatur dan dokumen tertulis dan dengan metode penelitian analisis isi deskriptif kualitatif peneliti mempunyai tujuan untuk memperoleh jawaban yang terkait dengan pesanpesan dakwah yang tersirat maupun tersurat dari sebuah karya sastra seseorang. Adapun hasil analisis sebanyak 16 kutipan yang mengandung pesan dakwah yang disampaikan pengarang melalui perilaku, ucapan dan alur cerita pada novel Pulang. Dari 16 kutipan yang ada pada novel berjudul Pulang terkandung pesanpesan dakwah yang disampaikan pengarang yang berisi pesan akidah, syariah dan vii akhlak. Pesan akidah pada novel ini adalah keimanan kepada Allah, kemudian Pesan Syariah yang terkandung adalah ibadah yaitu tidak melakukan perbuatan atau tindakan yang dilanggar Allah dan kewajiban menuntut ilmu, lalu tidak meratapi seseorang yang meninggal dan tidak bersedih berlebihan saat ditinggalkan seorang tersayang. Terakhir pada pesan dakwah yang ada dalam novel berjudul Pulang ini adalah pesan Akhlak yang meliputi akhlak terhadap manusia dan Tuhan dan Akhlak terhadap hubungan dengan manusia (Hablun minnallah wa hablun minannas).

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 18 Jul 2022 23:46
Last Modified: 18 Jul 2022 23:46
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19637

Actions (login required)

View Item View Item