EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MA MIFTAHUL ULUM

Rizky Diana Saputri, Rizky Diana Saputri (2022) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MA MIFTAHUL ULUM. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Keaslian Tulisan.pdf

Download (73kB)
[img] Text
awal.pdf

Download (718kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (6kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (236kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar di MA Miftahul Ulum. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian berjumlan 43 siswa yang terdiri dari kelas X, XI, XII putri. Penentuan subjek penelitian ini ditentukan dengan mengambil sampel secara acak yang menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah Skala Likert. Instrumen yang digunakan adalah skala lingkungan belajar dan skala konsentrasi belajar. Validasi dilakukan dengan validasi ahli. Hasil penelitian menunjukan bahwa lingkungan belajar siswa MA Miftahul Ulum sebanyak 23 siswa yang memberikan jawaban dari angket yang diberikan kepada siswa dengan indikasi sedang dengan presentase 54%. Sehingga bisa dikatakan bahwa lingkungan belajar MA Miftahul Ulum memiliki tingkatan yang sedang. konsentrasi belajar siswa di MA Miftahul Ulum terdapat 22 siswa yang memberikan jawaban dari angket yang diberikan kepada siswa dengan indikasi sedang dengan presentase 51%. Sehingga bisa dikatakan bahwa tingkat konsentrasi belajar siswa MA Miftahul Ulum memiliki tingkatan yang sedang. Pengaruh lingkungan belajar terhadap tingkat konsentrasi belajar siswa pada pelajaran fikih di MA Miftahul Ulum berdasarkan dengan tabel ANOVA diketahui bahwasanya sig Deviation from leterity sebesar 0,264 > 0,05, merupakan standar signifikan maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang artinya terdapat hubungan linier lingkungan belajar terhadap tingkat konsentrasi belajar siswa. Adapun itu untuk mengetahui signifikasi peneliti menggunakan uji T tabel ANOVA dapat diketahui tidak terdapat pengaruh signifikan antara lingkungan belajar terhadap tingkat konsentrasi belajar siswa karena nilai signifikan lebih besar dari 0,05 (0,907), dengan demikian, Ho diterima dan Ha ditolak. Dimana terdapat pengaruh lingkungan belajar terhadap tingkat konsentrasi belajar siswa namun tidak signifikan. Besar pengaruh lingkungan belajar terhadap tingkat konsentrasi belajar siswa sebesar 29%.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 28 Jul 2022 05:15
Last Modified: 28 Jul 2022 05:15
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19808

Actions (login required)

View Item View Item