EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

UNSUR-UNSUR TASAWUF DALAM AL-ASMÂ` AL-HUSNÂ MENURUT ULAMA BANJAR (STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN MUHAMMAD ZURKANI JAHJA DAN MUHAMMAD BAKHIET)

Al’Fattaah, Restu Aulad (2022) UNSUR-UNSUR TASAWUF DALAM AL-ASMÂ` AL-HUSNÂ MENURUT ULAMA BANJAR (STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN MUHAMMAD ZURKANI JAHJA DAN MUHAMMAD BAKHIET). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (208kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (629kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (640kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (493kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (612kB)

ABSTRAK

Pembahasan mengenai al-Asmâ` al-Husnâ identik dengan persoalan tauhid yang digunakan sebagai sarana untuk mengenal Dzat Allah Swt melalui nama nama-Nya. Perjalanan kajian terhadap al-Asmâ` al-Husnâ mengalami dinamika hingga dimensi sufistik insâniyyah yang dapat menyentuh aspek perbaikan moral kehidupan manusia melalui pengamalannya yang didasari dan turut dibentuk oleh berbagai macam teori tasawuf yang berkembang di kalangan para sufi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unsur unsur tasawuf yang ada dalam al-Asmâ` al-Husnâ menurut pandangan Muhammad Zurkani Jahja melalui bukunya yang berjudul 99 Jalan Mengenal Tuhan, dan menurut Muhammad Bakhiet melalui kitabnya yang berjudul Mengenal al-Asmâ` al-Husnâ Jalan Menuju Makrifat Allah, untuk kemudian dikomparasikan dengan menemukan persamaan dan perbedaan dalam pandangan dari kedua tokoh. Muhammad Zurkani Jahja dan Muhammad Bakhiet adalah dua orang ulama dari kalangan masyarakat Banjar yang memiliki perhatian terhadap kajian al-Asmâ` al-Husnâ pada khususnya, dan pada tasawuf secara umumnya. Pemikiran dari kedua tokoh ini pula yang akan diangkat sebagai sumber data primer dalam penelitian kali ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Adapun metode yang akan digunakan dalam menganalisis data pada penelitian ini adalah deskriptif dan komparatif. Uraian dimensi sufistik pada penelitian ini akan dipaparkan menggunakan klasifikasi corak tasawuf, yaitu corak akhlaki, amali, dan falsafi, dan dengan corak akhlaki sebagai corak yang paling dominan pada pemikiran yang dihasilkan oleh Muhammad Zurkani Jahja dan Muhammad Bakhiet. Meski pun Muhammad Bakhiet memiliki perbedaan yang cukup khas sebagai ulama Banjar pada penyampaian tentang pemikiran tasawuf falsafi yang tidak ditemukan pada uraian pemikiran Muhammad Zurkani Jahja.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 08 Aug 2022 01:13
Last Modified: 08 Aug 2022 01:13
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20152

Actions (login required)

View Item View Item