EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENINGKATKAN KEMAKMURAN MASJID AL-AKBAR KABUPATEN BALANGAN

Rahman, Fathur (2022) MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENINGKATKAN KEMAKMURAN MASJID AL-AKBAR KABUPATEN BALANGAN. Skripsi, Fakultas Dakwan dan Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (121kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (451kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (493kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (212kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (435kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Skripsi ini disusun dengan latar belakang ketertarikan penulis terhadap manajemen strategi dalam meningkatkan kemakmuran masjid Al-Akbar Kabupaten Balangan, dengan adanya fasilitas yang memadai serta kegiatan yang ada di Masjid Al-Akbar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem manajemen strategi dalam meningkatkan kemakmuran masjid, serta faktor yang menjadi pendukung strategi dalam memeningkatkan kemakmuran masjid. Penelitian ini berlokasi di Jl. A. Yani No.KM 3,5, Batu Piring, Paringin Selatan, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, dengan subjek seorang sekretaris pengurus Masjid Al-Akbar Balangan, dan objeknya terkait dengan manajemen strategi dalam meningkatkan kemakmuran. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif (Field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Untuk memperoleh data tersebut maka penulis menggunakan teknik, observasi, wawancara dan dilengkapi dengan dokumentasi. Kemudian data tersebut disusun melalui teknik analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen strategi dalam meningkatkan kemakmuran Masjid Al-Akbar sudah bagus akan tetapi jika ditambah dengan strategi yang lebih khusus maka akan lebih lancar dalam meningkatkan kemakmuran, hal ini ditinjau dari strategi yang dipaparkan oleh penulis pada bagian teori. Adapun faktor pendukung di Masjid Al-Akbar Kabupaten Balangan diantaranya, dukungan dari pemerintah serta masyarakat, donatur tetap, dan para pengurus masjid memanfaatkan masjid tidak hanya sebagai fungsi untuk beribadah melainkan juga sebagai wadah pembelajaran bagi anak-anak maupun orang dewasa kemudian ditambah lagi para pengurus masjid memformulasikan masjid ini sebagai tempat wisata religi. Saran yang ingin disampaikan penulis dalam skripsi ini ialah: hendaknya pemerintah maupun masyarakat tetap berada dibarisan terdepan dalam proses pembangunan maupun dalam hal kemakmuran masjid, serta untuk pihak pengelola Masjid Al-Akbar agar kiranya tidak monoton tetapi juga menerima masukan dari masyarakat atau konsultasi bertukar pikiran kepada pengurus masjid yang dapat dikatakan sebagai masjid yang makmur, seperti membuat tim-tim khusus, program khusus yang menarik para jemaah, dan juga strategi-strategi yang lebih khusus.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 10 Aug 2022 00:27
Last Modified: 10 Aug 2022 00:27
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20197

Actions (login required)

View Item View Item