EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

MANDI WAJIB PERSPEKTIF SISWA-SISWI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 BARITO KUALA

Mahmudin, Nor (2022) MANDI WAJIB PERSPEKTIF SISWA-SISWI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 BARITO KUALA. Skripsi, Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (357kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (896kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (640kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Mandi wajib merupakan bagian dari taharah, berdasarkan riset pendahuluan, diketahui pemahaman pada siswa-siswi MTsN 4 Barito Kuala sudah cukup banyak yang memahami praktik pelaksanaan mandi wajib sesuai yang diterangkan oleh guru, akan tetapi masih ada beberapa siswa-siswi yang masih belum terlalu paham dan memakai caranya sendiri untuk melaksanakan mandi wajib, akan tetapi tetap mencukupi syarat sah mandi wajib, bahkan ada siswa-siswi yang masih belum hafal niat mandi wajib dan orang tuanya yang memandikan apabila ia junub. Sehingga tujuan dalam penelitian ini untuk menggali lebih lanjut sejauh mana pemahaman dan pelaksanaan mandi wajib perspektif siswa-siswi MTsN 4 Barito Kuala. Jenis dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan bersifat kualitatif. Subjek dalam penelitian ini di kelas VII, VIII, dan IX dengan jumlah keseluruhan sebanyak 9 siswa-siswi di MTsN 4 Barito Kuala, sedangkan objek dalam penelitian ini tentang pemahaman dan pelaksanaan mandi wajib perspektif siswa-siswi MTsN 4 Barito Kuala. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya dilakukan pengolahan data dengan cara menguraikan datadata tersebut dalam bentuk narasi dan selanjutnya dianalisis melalui tahap deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa pemahaman mandi wajib perspektif siswa-siswi MTsN 4 Barito Kuala dapat dikatakan sudah cukup baik yaitu dibuktikan dari 9 Siswa-siswi yang dijadikan objek penelitian hanya 3 siswa-siswi yang belum paham. Akan tetapi, dalam Praktek pelaksanaan mandi wajibnya masih ada siswa-siswi yang memakai caranya sendiri dalam mandi wajib. tetapi tetap mencukupi syarat sah mandi wajibnya, bahkan masih ada siswa-siswi yang belum hafal niat mandi wajib dan meminta orang tuanya yang menuliskan niat tersebut dibuku atau dikertas setiap ingin mandi wajib. Hal tersebut dapat dibuktikan dari 9 siswa-siswi yang dijadikan objek penelitian, terdapat 5 siswa-siswi yang masih belum tepat dalam pelaksanaan mandi wajibnya, padahal mereka memahami teorinya akan tetapi dalam pelaksanaannya mereka hanya melakukan rukun-rukunnya saja seperti niat dan meratakan air keseluruh tubuh.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:37
Last Modified: 29 Aug 2022 01:37
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20467

Actions (login required)

View Item View Item