EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Respons Orangtua Murid Terhadap Program Ekstrakurikuler Tahfizh Al-Qur’an di MA Raudhatusysyubban

Rahma, Ulya (2022) Respons Orangtua Murid Terhadap Program Ekstrakurikuler Tahfizh Al-Qur’an di MA Raudhatusysyubban. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (182kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (809kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya fenomena menghafal AlQur’an di masa sekarang ini menjadi perhatian banyak orang. Bukan dari kalangan umat muslim saja tetapi juga merambat ke kalangan masyarakat non muslim. Mereka pun banyak yang mencoba menghafal Al-Qur’an, bahkan sudah banyak dari mereka yang hafal Al-Qur’an hingga 30 juz. Fenomena ini tidak hanya di negara-negara Timur Tengah, akan teteapi sudah merambat ke negara-negara lain, salah satunya Indoneia, termasuk di Kalimantan. Salah satunya yang ada di Kalimantan Selatan banyak di jumpai lembaga-lembaga tahfizh maupun pondok khusus untuk tahfizh Al-Qur’an, ini menjadi salah satu bukti bahwa menghafal AlQur’an sekarang ini seolah menjadi Trend di kalangan masyarakat muslim. Dalam penelitian ini penulis ingin mengungkap respons dan motivasi orangtua murid terhadap program ekstrakurikuler tahfizh di MA Raudhatusysyubban di Desa Sungai Lulut. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana program ekstrakurikuler tahfizh di MA Raudhatusysyubban, motivasi orangtua murid , dan respons orangtua murid terhadap program ekstrakurikuler tahfizh di MA Raudhatusysyubban. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses kegiatan program ekstrakurikuler tahfizh Al-Qur’an di MA Raudhatusysyubban, mengetahui respons orangtua murid terhadap program ekstrakurikuler tahfizh di MA Raudhatusysyubban di Desa Sungai Lulut dan motivasi orangtua murid mengizinkan anaknya untuk mengikuti program ekstrakurikuler tahfizh Al-Qur’an. Adapun penelitian ini adalah termasuk ke dalam penelitian lapangan (field research) dengan lokasi hasil dari penelitian ini adalah MA Raudhatusysyubban Sungai Lulut dengan menggunakan metodologi penelitian kualitatif. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini, pertama, Observasi yaitu peneliti melihat langsung ke lapangan. Kedua, Interview yaitu peneliti melakukan wawancara terhadap pengajar dan orangtua murid. Ketiga, Dokumentasi. Setelah semua terkumpul maka peneliti melakukan analisis dari hasil wawancara tersebut. Hasil penelitian di lapangan menunjukan bahwa terdapat berbagai motivasi yang diberikan orangtua, Pertama motivasi yang diberikan oleh orangtua adalah menunjukkan bahwa Al-Qur’an akan memberikan manfaat, kedua memberikan motivasi dengan memaparkan hadis-hadis Baginda Rasulullah Saw, ketiga memberikan fadilah melalui potongan ayat-ayat atau surah tertentu dalam AlQur’an. Berdasarkan hasil wawancara yang didapatkan dari 3 orang responden dan 2 orang informan maka didapatkan hasil semuanya memberikan motivasi terhadap murid yang mengikuti program MA Raudhatusysyubban.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 14 Oct 2022 08:26
Last Modified: 18 Oct 2022 07:47
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20809

Actions (login required)

View Item View Item