EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Fenomena Narsisme Muslimah dalam Aplikasi TikTok: Analisis Semiotika Charles William Morris

Fatimah, Siti (2022) Fenomena Narsisme Muslimah dalam Aplikasi TikTok: Analisis Semiotika Charles William Morris. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (296kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (492kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (164kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (388kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Perkembangan teknologi yang sangat pesat menimbulkan terciptanya jaringan internet dan media sosial, sehingga mempermudah semua orang melakukan komunikasi. Disadari ataupun tidak, media sosial sudah menjadi bagian terpenting dalam kehidupan manusia. Banyak sekali aplikasi media sosial yang sangat digemari masyarakat, salah satunya adalah aplikasi TikTok. Aplikasi TikTok adalah aplikasi yang menyajikan hiburan kepada penggunanya berupa fitur video yang diiringi musik, sekaligus dapat digunakan untuk merekam dan mengedit. Selain sebagai tempat hiburan, kehadirannya juga mempengaruhi munculnya perilaku narsisme dalam diri setiap orang, termasuk para muslimah. Perilaku narsis sudah menjadi fenomena yang cukup banyak melanda kalangan masyarakat pada saat ini. Orang yang memiliki kecenderungan narsisme akan sangat memperhatikan penampilan fisiknya dan senantiasa memposting fotonya dalam situasi dan kondisi apapun yang dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan banyak perhatian dan pujian dari orang lain. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana fenomena narsisme muslimah dalam aplikasi TikTok di masa sekarang dan mengetahui makna-makna tersembunyi pada video TikTok para muslimah dengan menggunakan teori triadic (segitiga) Charles William Morris yang terbagi atas sign vehicle (wahana tanda), designatum (konsep/ide), dan interpretant (efek tanda). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang muslimah yang aktif bermain TikTok, di antaranya bernama Nabila, Herlin Kenza, dan Mila Alawiyah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori semiotika Charles William Morris. Hasil dari penelitian ini menemukan adanya tanda-tanda kecenderungan narsisme dari tiga akun TikTok muslimah bernama Nabila, Herlin Kenza, dan Mila Alawiyah. Tanda tersebut terbagi menjadi dua, yaitu tanda verbal dan non-verbal. Jika kedua tanda tersebut diinterpretasikan dengan teori semiotika Charles William Morris, maka akan memberikan makna adanya tanda kecenderungan narsisme pada muslimah di masa sekarang berupa rasa ingin menonjolkan diri secara terus menerus, menampilkan gaya hidup yang tergolong highclass (kelas atas), sangat memperhatikan kecantikan fisik dalam kesehariannya, senantiasa menampilkan barang-barang mewah dan branded, sangat tidak menyukai komentar negatif dari orang lain, dan sangat menyukai pujian dari banyak orang.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 10 Nov 2022 07:07
Last Modified: 10 Nov 2022 07:07
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21058

Actions (login required)

View Item View Item