EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Budaya Mutu dalam Sistem Manajemen Mutu di SDIT Al Khair Barabai dan SDIT Robbani Banjarbaru

Riyanto, Bejo (2016) Implementasi Budaya Mutu dalam Sistem Manajemen Mutu di SDIT Al Khair Barabai dan SDIT Robbani Banjarbaru. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (508kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (452kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (198kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (142kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (46MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (74kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Pendidikan yang bermutu adalah pendidikan yang mampu menjawab keinginan dari para pelanggan dunia pendidikan. Implementasi budaya mutu dalam lembaga pendidikan sudah menjadi keharusan agar lembaga pendidikan semakin bermutu. Dengan implementasi budaya mutu maka pelanggan akan mendapatkan jaminan akan kualitas pendidikan yang dijanjikan sehingga mereka akan memiliki kepercayaan penuh terhadap lembaga pendidikan. Fokus penelitian ini adalah tentang bagaimana implementasi budaya mutu dalam sistem manajemen mutu dan kendala apa saja yang dihadapi dalam proses implementasi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, karyawan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan dua langkah, yaitu saat pengumpulan data dan setelah pengumpulan data di lapangan. Proses analisis dilakukan dengan reduksi data, display data dan verifikasi atau penyimpulan. Pengecekkan keabsahan data dilakukan dengan dua cara yaitu trianggulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan Implementasi budaya mutu di SDIT Al Khair Barabai dan SDIT Robbani Banjarbaru pada prinsipnya telah mencerminkan 8 prinsip-prinsip TQM. Budaya mutu yang dikembangkan dapat dilihat pada 10 langkah yang dilaksanakan yaitu pada understand, assess, plan, expect, model, orient, mentor, train, monitor,dan reinforce and maintain quality. SDIT Al Khair Barabai memiliki 12 Quality Assurance yang dikembangkan menjadi budaya mutu sekolah, sedangkan SDIT Robbani Baanjarbaru memiliki 8 Quality Assurance. Berdasarkan budaya mutu sekolah yang direkomendasikan depdiknas yaitu budaya jujur, saling percaya, kerjasama, baca, disiplin dan efisiensi, bersih, berprestasi dan berkompetisi, memberi teguran dan penghargaan, dapat disimpilkan bahwa kedua sekolah telah mengimplementasikannya dalam kegiatan sekolah. Kendala yang dihadapi dalam implementasi budaya mutu pada dasarnya tidak terlalu krusial bagi kedua sekolah, diantara perlu waktu yang panjang, adanya tekanan dari eksternal, perencanaan yang kurang matang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 19 Dec 2022 06:05
Last Modified: 19 Dec 2022 06:05
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21270

Actions (login required)

View Item View Item