EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Bimbingan Keagamaan Terhadap Lanjut Usia (Lansia) di Majelis Mukhlisah Desa Dirgahayu Kecamatan Pulau Laut Utara

Dwiyanti, Eliza (2023) Bimbingan Keagamaan Terhadap Lanjut Usia (Lansia) di Majelis Mukhlisah Desa Dirgahayu Kecamatan Pulau Laut Utara. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (278kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (225kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (576kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (775kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (235kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (344kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (440kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi dari sekelompok lanjut usia (lansia) yang mengalami penurunan fisik sehinnga menyebabkan tingkat produktivitasnya pun akan berkurang namun peneliti menemukan sekelompok lansia yang mengisi kegiatan positif dengan datang ke Majelis Mukhlisah yang memiliki keinginan kuat dalam mempelajari ilmu agama. Hal ini tidak luput dari peran pembimbing yang bisa mewujudkan mentoring agama pada para lansia sehingga tidak hanya mengetahui ilmu agama namun juga dapat mengamalkan di kehidupan sehari-hari guna mempersiapkan amal ibadah di penghujung usia mereka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pelaksanaan bimbingan keagamaan dan faktor pendukung dan penghambat yang ada di Majelis Mukhlisah Desa Dirgahayu Kecamatan Pulau Laut utara. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan subjeknya adalah pembimbing dan lansia dan objeknya adalah proses pelaksanaan bimbingan keagamaan dan faktor pendukung serta penghambat dalam proses bimbingan keagamaan terhadap lansia. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa metode yang digunakan dalam membimbing lansia ialah kelompok dan metode individu yang dilakukan secara langsung. Adapun materi yang diberikan meliputi aqidah, syariah, akhlak, dan pembacaan amaliah lain seperti surah yasiin, surah-surah pendek, dzikir, doa, dan ratibul haddad. Media yang digunakan pembimbing adalah alat pengeras suara berupa sound sistem dan microphone sebagai penunjang pelaksanaan bimbingan keagamaan di Majelis Mukhlisah. Adapun faktor pendukungnya kesadaran dan keinginan yang kuat dari para lansia untuk mempelajari ilmu agama dan kesukarelaan pembimbing sangkan faktor penghambatnya kemampuan fisik para lansia untuk berjalan kaki ke Majelis Mukhlisah, sarana prasarana yang kurang memadai, dan kurangnya tenaga pembimbing.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 16 Jan 2023 05:59
Last Modified: 16 Jan 2023 05:59
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21661

Actions (login required)

View Item View Item