EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Pesan Dakwah dalam Konten Youtube (Studi Kasus Konten Kita Harus Bicara Tentang Ini Pada Channel Deddy Corbuzier)

Mahlufi, Muhamad (2022) Analisis Pesan Dakwah dalam Konten Youtube (Studi Kasus Konten Kita Harus Bicara Tentang Ini Pada Channel Deddy Corbuzier). Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (75kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (477kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (68kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (824kB)

ABSTRAK

Youtube sebagai media dakwah sangat berpontensi untuk menjadi sarana mengenalkan Islam kepada kaum muda mudi, orang tua, bahkan anak-anak, dengan menggunakan metode dakwah yang khas dari pengarang atau penulisnya untuk disampaikan kepada para penonton Youtube. Latar belakang penelitian ini yaitu berdakwah tidak hanya disampaikan dengan tulisan saja. Zaman telah berubah teknologi semakin canggih sehingga dengan teknologi bisa membantu dalam berdakwah. Saat ini banyak orang Indonesia yang menggunakan media Internet sebagai penyebaran dakwah, salah satunya adalah Youtube. Didalam Youtube yang disisipkan berbagai pesan yang mengandung dakwah, yang disampaikan lewat perilaku, ucapan, karakter, dan cara para tokoh berinteraksi dengan satu dan lainnya. Seperti Konten Youtube berjudul Kita Harus Bicara Tentang Ini oleh Youtube Podcast Deddy Corbuzier yang mana pada Konten ini disisipkan pesan dakwah. Dalam Konten ini menjelaskan tentang larangan untuk menyukai sesama jenis, yang akan bermanfaat bagi pembaca dalam menjalani kehidupan. Maka dari itu muncul rumusan masalah yang ingin dikaji tentang apa saja pesan dakwah dalam Konten Youtube yang berjudul “Kita Harus Bicara Tentang Ini”. Penelitian ini merupakan jenis penelitian library research karena data yang diperlukan merupakan data yang didapat dari literatur dan dokumen tertulis dan dengan metode penelitian analisis isi deskriptif kualitatif peneliti mempunyai tujuan untuk memperoleh jawaban yang terkait dengan pesan-pesan dakwah yang tersirat maupun tersurat dari sebuah karya sastra seseorang. Adapun hasil analisis sebanyak 28 pesan dakwah yang disampaikan pengarang melalui perilaku, ucapan pada Konten Youtube yang berjudul “Kita Harus Bicara Tentang Ini”. Dari 28 pesan dakwah yang ada terkandung pesan-pesan dakwah yang disampaikan yang berisi pesan akidah, syariah dan akhlak. Pesan akidah pada Konten ini adalah keimanan kepada qadha dan qadar Allah, kemudian Pesan Syariah yang terkandung adalah yaitu aturan yang datang dari Allah. Terakhir pada pesan dakwah ini adalah pesan Akhlak yang meliputi akhlak terhadap manusia, teman atau sahabat dan Prilaku menyimpang menyukai sesame jenis.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 20 Jan 2023 10:37
Last Modified: 20 Jan 2023 10:37
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21829

Actions (login required)

View Item View Item