EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Bimbingan Keagamaan Ustaz Syamsuddin Nur Makka (Syam) Berbasis Tiktok

Ardiansyah, Muhammad (2023) Bimbingan Keagamaan Ustaz Syamsuddin Nur Makka (Syam) Berbasis Tiktok. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (129kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (263kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (831kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan pandemic Covid-19 yang mengharuskan orang-orang untuk tetap dirumah. Hingga banyaknya orang yang bermain gawai salah satunya aplikasi Tiktok. Banyak ulama-ulama yang mengatakan Tiktok itu haram karena banyak penggunanya melakukan aktifitas yang tidak berfaedah didalamnya. Hadirnya ustaz Syam pada aplikasi Tiktok untuk memberikan Bimbingan keagamaan sebagai ladang dakwah. karenanya perlu dilakukan penelitian. Tujuan penulisan dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk bimbingan keagamaan ustaz Syam saat memberikan materi di Tiktok, kemudian apa saja materi yang diberikan ustaz Syam pada saat memberikan bimbingan keagamaan pada akun Tiktok beliau, dan bagaimana metode yang digunakan pada saat melakukan bimbingan keagamaan pada akun Tiktok tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian literatur atau pustaka yang dilakukan mengguanakan analisis isi kualitatif. Data primer yang digunakan adalah posingan video Bimbingan Keagamaan ustaz Syam pada aplikasi tiktok dengan mengambil sempel sebanyak 33 Video yang dianggap sesuai dengan objek penelitian. Data tersebut kemudian di pilah, di analisis lalu disimpulakan sesuai dengan metode ini. Penelitian ini menemukan, bahwa Bentuk bimbingan keagamaan yang dilakukan yaitu 1. Bimbingan Kelompok, dengan adanya mentor dan audiens yang mendengarkan ceramah dan memecahkan masalah serta berpartisipasi aktif. 2. Materi yang diberikan ustaz Syam yaitu dari 614 Video terdapat terdpat 33 vidio Bimbingan keagamaan dengan masing masing video terdiri dari 6 video tentang Akidah, 18 video tentang syariat, dan 9 video tentang aklak. Dan 581 video lainya berisikan tentang hiburan seperti ustaz Syam bernyanyi, jalan-jalan, dan lain sebagainya. 3. Metode Bimbingan Keagmaan yang beliau gunakan yaitu metode Al Mauizatul Hasanah yang mana beliau menyampaikan dengan nasehat, motivasi, kisah yang baik mudah dimengerti dan metode Tanya jawab dengan cara ustaz Syam meberikan materi kemudian audiens semua kalangan bisa memberikan pertanyaan melalui kolom komentar.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:17
Last Modified: 25 Jan 2023 03:17
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21888

Actions (login required)

View Item View Item