EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Aktivitas Dakwah Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kotawaringin Timur (PC IMM KOTIM?

Jusriyanti, Jusriyanti (2023) Aktivitas Dakwah Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kotawaringin Timur (PC IMM KOTIM? Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (141kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (351kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (378kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (95kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Keharusan berjalannya kegiatan dakwah secara aktif dan konsisten di tengah-tengah masyarakat adalah sebuah perwujudan nyata dari salah satu tanggung jawab hidup setiap muslim. Oleh karena itu, setiap muslim diharapkan turut mengambil bagian dalam aktivitas dakwah, sesuai dengan kapasitas keahlian dan keterampilannya masing-masing, dari semua golongan terutama dari kalangan pemuda, karena pemuda menduduki posisi serius dalam perjuangan dakwah Islam. Pemuda dari kalangan mahasiswa menjadi salah satu sasaran yang tepat dalam mengikhtiarkan kembali otentisitas ajaran Islam dan ditanamkannya prinsipprinsip Islam tersebut pada seluruh lapisan masyarakat. Sebab mahasiswa merupakan agent of change dan generasi penerus untuk mengutarakan hak-hak umat. Sebagai suatu golongan mahasiswa yang memikul tanggung jawab besar kepada agamanya, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) turut berperan dalam dakwah Islam baik dalam lingkup mahasiswa maupun masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai bentuk aktivitas dakwah yang dilakukan oleh Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kotawaringin Timur (PC IMM KOTIM), media komunikasi yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan dakwahnya dan bagaimana efek atau pengaruh yang dari aktvitas dakwah tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif. Subjek penelitian yaitu pengurus PC IMM KOTIM, Ketua PC IMM KOTIM dan Ketua Bidang Tabligh dan Kajian Keislaman PC IMM KOTIMsebagai informan, dan 8 orang peserta pengajian rutin IMM sebagai responden. Objek penelitian: Aktivitas Dakwah Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kotawaringin Timur (PC IMM KOTIM). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas dakwah PC IMM KOTIM terdiri dari pengajian rutin IMM, One Day One Hadis dan artikel islami yang diklasifikasikan dalam bentuk aktivitas dakwah bi lisan dan dakwah dengan tulisan. Adapun media komunikasi PC IMM KOTIM dalam aktivitas dakwahnya adalah media Whatsapp, yang digunakan dalam komunikasi antar pengurus PC IMM KOTIM dalam pelaksanaan aktivitas dakwah. Efek/pengaruh dari aktivitas dakwah PC IMM KOTIM berupa efek dalam bentuk afektif, kognitif, behavioral, responsif, efek dalam bentuk feedbak dan efek dalam bentuk noise. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa aktivitas dakwah PC IMM KOTIM mendatangkan hasil yang positif terhadap sasaran/objek dakwah.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:43
Last Modified: 26 Jan 2023 03:43
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21918

Actions (login required)

View Item View Item