EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Praktik Bagi Hasil Mukhabarah (Studi Kasus Di Desa Pantai Ulin Kecamatan Simpur Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Annisa, Sari (2023) Praktik Bagi Hasil Mukhabarah (Studi Kasus Di Desa Pantai Ulin Kecamatan Simpur Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (97kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan pada kerjasama bagi hasil mukabarah yang terjadi di Desa Pantai Ulin Kecamatan Simpur, di mana pada pembagian hasil panen dilakukan berdasarkan luas lahan yang digarap, dimana hasil pembagianya dilakukan diawal bukan berdasarkan hasil yang didapat, sehingga menimbulkan kerugian bagi petani penggarap apabila gagal panen.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik mukhabarah di Desa Pantai Ulin Kecamatan Simpur serta faktor apa yang menyebabkan terjadinya kerja sama bagi hasil mukhbarah di Desa Pantai Ulin Kecamatan Simpur. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Data penelitian yang digunakan adalah kualitatif yaitu pendekatan penggalian data dan penyajian data kemudian disajikan secara deskriptif. Penelitian ini di laksanakan di Desa Pantai Ulin Kecamatan Simpur, dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan mengarah pada teori praktik mukhabarah di Desa Pantai Ulin Kecamatan Simpur. Hasil yang dapat diambil dari penelitian ini bahwa praktik mukhabarah di Desa Pantai Ulin yaitu pada kasus pertama mukhabarah yang diperbolekan karena sudah memenuhi rukun dan syaratnya, serta ada pula pada kasus kedua yang merupakan mukhabarah yang dilarang, dikarenakan perjanjian yang menetapkan sejumlah hasil tertentu berdasarkan luas yang menentukan bahwa apapun dan berapapun hasilnya, pemilik tanah tetap menerima sebanyak perjanjian awal, hal tersebut tidak sesuai dengan syarat pembagian dalam mukhabarah. Serta faktor penyebab terjadinya kerja sama bagi hasil mukhbarah di Desa Pantai Ulin Kecamatan Simpur yaitu, faktor ekonomi karena petani tidak mempunyai lahan sendiri, faktor pendidikan karena petani tidak mengetahui akad kerjasama lain dalam bidang pertanian, dan faktor budaya karena sudah menjadi tradisi jika tidak mempunyai lahan, maka akan menggarap lahan milik orang lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 01 Feb 2023 06:35
Last Modified: 01 Feb 2023 06:36
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21996

Actions (login required)

View Item View Item