EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Bacaan Al-Qur’an Imam Salat di Masjid dan Langgar Desa Pematang dan Desa Merah Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan

Effendi, M. Noor (2023) Bacaan Al-Qur’an Imam Salat di Masjid dan Langgar Desa Pematang dan Desa Merah Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (277kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (743kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (602kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (335kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (448kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Salat merupakan suatu kewajiban bagi seorang muslim, yang mana di dalam salat kita diwajibkan untuk membaca surah al-Fâtihah dan disunahkan membaca surah pilihan (selain surah al-Fâtihah). Salah satu syarat menjadi imam salat adalah memiliki bacaan al-Qur’an yang fasih sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Ada beberapa tempat ibadah, seperti masjid dan langgar yang memiliki imam tetap yang kualitas bacaan al-Qur’annya tidak diragukan lagi kefasihannya. Akan tetapi, ada juga beberapa tempat ibadah yang tidak memiliki imam tetap seperti Desa Pematang dan Merah. Kualitas bacaan Al-Qur’an imam salat pada kedua desa ini masih belum diketahui, apakah sudah fasih yang sesuai dengan kaidah ilmu tajwid atau belum. Selain itu, juga tidak ada pelatihan atau pembinaan terkait kemampuan membaca Al-Qur’an bagi para imam salat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kelancaran dan kefasihan bacaan AlQur’an imam salat di masjid dan langgar wilayah Desa Pematang dan Merah Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan dilihat dari aspek makhârij al-hurûf, shifât al- hurûf, ghunnah, dan hukum madd. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelancaran dan kefasihan bacaan al-Qur’an imam salat di masjid dan langgar Desa Pematang dan Desa Merah Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan dilihat dari aspe k makhârij al-hurûf, shifât al- hurûf, ghunnah, dan hukum madd. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Recearch) dengan menggunakan penelitian kualitatif. Yang menjadi data dalam penelitian ini adalah bacaan Al-Qur’an (surah al-Fâtihah dan surah pilihan) imam salat di Desa Pematang dan Desa Merah dengan jumlah imam sebanyak 12 orang. Adapun metode penelitian pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penilaian, dapat diketahui bahwa nilai kelancaran bacaan Al-Qur’an imam salat ada 2 kategori, yaitu lancar dan sangat lancar. Yang masuk kategori lancar ada 1 orang dan yang masuk kategori sangat lancar ada 11 orang. Nilai kefasihan bacaan al-Qur’an imam salat ada 4 kategori, yaitu fasih, sedang, cukup fasih dan tidak fasih. Ada 4 faktor yang dapat mempengaruhi fasih atau tidaknya suatu bacaan imam salat, yaitu penguasaan ilmu tajwid, proses belajar, hafalan Al-Qur’an dan usia.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 16 Feb 2023 00:16
Last Modified: 16 Feb 2023 00:16
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22204

Actions (login required)

View Item View Item