EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kajian Akhlak Tasawuf Komunitas Sangkabaik di Kalangan Anak Muda Banjarbaru

Aprilia, Marissa Nur (2022) Kajian Akhlak Tasawuf Komunitas Sangkabaik di Kalangan Anak Muda Banjarbaru. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (80kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (702kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (538kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (412kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (399kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (10kB)

ABSTRAK

Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti dengan kajian keagamaan yang saat ini tengah menjadi perbincangan menarik dikalangan anak muda, apalagi isi dari kajian ini condong ke pembahasan tentang akhlak dalam tasawuf. Jika kita tarik kebelakang, kajian tasawuf biasanya hanya diikuti oleh orang tua bahkan lanjut usia, karena yang diajarkan dalam tasawuf cocok sebagai pencarian makna hidup dan tujuan mencari kebahagiaan yang abadi. Kini tasawuf telah mampu menunjukkan eksistensinya dengan menjadikan anak muda sebagai sasaran utama, salah satunya lewat Kajian Komunitas Sangkabaik yang ada di kota Banjarbaru. Sebuah komunitas yang menyediakan wadah kajian khususnya anak muda untuk menimba ilmu dalam pencarian makna hidup. Untuk menjawab persoalan yang telah dirumuskan, penulis melakukan penelitian lapangan (field research) dengan terjun langsung ke lokasi tempat terselenggaranya Kajian komunitas Sangkabaik, untuk mencari data terkait dengan permasalahan yang digali dalam tulisan ini, baik dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian penulis mengolah dan menganalisis data yang ada dengan keadaan yang sebenarnya dilapangan, hingga akhirnya akan menjawab bagaimana pandangan anak muda Banjarbaru tentang kajian akhlak tasawuf yang ada di komunitas Sangkbaik. Maka hasil dari penelitian ini ialah bahwa kajian tasawuf yang selama ini dipandang sebagai ajaran yang sulit dipahami, dibawakan dengan pembahasan berat dan mendalam ternyata mampu merambah dunia keilmuan dengan merubah cara penyampaiannya. Seperti yang dilakukan oleh komunitas Sangkabaik yang saat ini mampu memberikan nuansa baru, nafas baru, dan pandangan baru pada dunia ketasawufan dengan menghadirkan kajian yang santai, pembahasan yang menarik dan terkini, bahasa yang mudah dipahami, menyenangkan, dan mengikuti perkembangan zaman. Semoga kedepannya kajian seperti ini dapat terus menyebarkan luaskan keIslaman pada semua kalangan.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 24 Feb 2023 06:19
Last Modified: 24 Feb 2023 06:19
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22242

Actions (login required)

View Item View Item