EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen Strategik Peningkatan Mutu Pendidik di MTsN 2 HST, MTsN 4 HST, dan MTsN 9 HST

Hasanah, Mauizatul (2023) Manajemen Strategik Peningkatan Mutu Pendidik di MTsN 2 HST, MTsN 4 HST, dan MTsN 9 HST. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (532kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (706kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (364kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (996kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pendidik yang bermutu sangat diharapkan dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan mengetahui manajemen strategik peningkatan mutu pendidik di MTsN 2 HST, MTsN 4 HST, dan MTsN 9 HST, faktor-faktor pendukung dan penghambat peningkatan mutu pendidik. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data pokok meliputi manajemen strategik peningkatan mutu pendidik, faktor-faktor pendukung dan penghambat peningkatan mutu pendidik. Pengumpulan sumber data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumen. Informan utama adalah kepala madrasah, informan tambahan adalah wakamad, pendidik , staf dan yang lainnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan penerapan fungsi-fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. Peningkatan mutu pendidik yang dilakukan di MTsN 2 HST: 1) memberikan support dalam menjalankan tugas dan kewajibannya, 2) mengadakan rapat rutin bulanan dalam rangka pembinaan, 3) memberikan dukungan untuk mengembangkan karir atau profesi melalui pendidikan dan pelatihan; pembinaan kegiatan ekstrakurikuler, 4) supervisi, 5) penyegaran melalui studi banding atau studi tour, 6) menciptakan guru yang kreatif. Peningkatan mutu pendidik di MTsN 4 HST:1) pembinaan keagamaan, 2) memotivasi untuk aktif dalam MGMP, 3) seminar, workshop dan pelatihan, 4) membangun kinerja guru yang kreatif, 5) supervisi dan 6) pengadaan sumber bacaan. Peningkatan mutu pendidik di MTsN 9 HST: 1) mengadakan rapat setiap bulan, 2) meningkatkan karir dan profesionalisme dengan mengikuti pelatihan atau seminar, MGMP dan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, 3) supervisi guru, 4) meningkatkan keterampilan penggunaan IT, dan 5) memotivasi dalam pembimbingan peserta didik yang berkompetisi. Faktor pendukungnya adalah tenaga pengajar yang cukup dan kualifikasi pendidik yang sesuai, fasilitas belajar yang layak, kepemimpinan kepala madrasah, pemberian reward, adanya tenaga penunjang kependidikan, diadakan kegiatan workshop/Pelatihan/Seminar, dan kebebasan guru dalam mengelola kelas. Faktor penghambatnya adalah kurangnya motivasi guru untuk melanjutkan pendidikan, kurang mengimplementasikan kegiatan pelatihan, iklim kelas yang tidak mendukung, kurangnya memanfaatkan sarana dan prasarana yang tersedia, rendahnya minat baca guru terhadap buku penunjang pendidikan yang disediakan di perpustakaan dan kurangnya partisipasi orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 28 Feb 2023 02:30
Last Modified: 04 May 2023 00:44
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22255

Actions (login required)

View Item View Item