EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembelajaran Aktif Pada Mata Pelajaran Fikih Materi Puasa Dikelas VIII MTs Nurul Ummah Sampit

Zahrah, Lailatul (2023) Pembelajaran Aktif Pada Mata Pelajaran Fikih Materi Puasa Dikelas VIII MTs Nurul Ummah Sampit. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (186kB)
[img] Text
AWALAN ZAHRAH.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ZAHRA ABSTRAK.pdf

Download (81kB)
[img] Text
ZAHRA BAB 1.pdf

Download (211kB)
[img] Text
ZAHRA BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
ZAHRA BAB 3.pdf

Download (239kB)
[img] Text
ZAHRA BAB 4.pdf

Download (251kB)
[img] Text
ZAHRA BAB 5.pdf

Download (109kB)
[img] Text
ZAHRA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text
ZAHRA LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini karena rendahnya tingkat keaktifan peserta didik dalam pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berfikirnya dan kurang selektifnya guru dalam memilih pendekatan dalam sebuah pembelajaran sehingga menimbulkan permasalahan yang kerap kali didengar. Sebagai salah satu sekolahan yang berada di kota Sampit, tentu merasakan dampak dari munculnya permasalahan diatas. Penelitian ini bertujuan untk mengetahui penerapan pembelajaran aktif pada mata pelajaran fikih materi puasa dikelas VIII MTs Nurul Ummah Sampit agar peserta didik terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan tidak hanya fokus kepada peserta didik paham secara teoritis, tetapi bagaimana pengalaman belajar yang didapat peserta didik menjadi bermakna dan tercapainya sebuah tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang tergolong dalam penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu guru fikih dan peserta didik kelas VIII MTs Nurul Ummah Sampit. Adapun yang menjadi objek penelitian yaitu pembelajaran aktif pada mata pelajaran fikih materi puasa dikelas VIII MTs Nurul Ummah Sampit meliputi: metode tanya jawab, metode resitasi dan metode demonstrasi. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Teknik analisis deksriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa metode tanya jawab pembelajaran aktif pada mata pelajaran fikih materi puasa kelas VIII dirancang dengan melibatkan peserta didik aktif berfikir selama proses pembelajaran berlangsung karen guru bertanya kepada siswa Adapun metode resitasi dirancang untuk memberikan penugasan kepada siswa dan metode demonstrasi dirancang untuk memberikan contoh membacakan niat dan do’a berbuka puasa.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 24 Mar 2023 02:26
Last Modified: 24 Mar 2023 02:26
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22377

Actions (login required)

View Item View Item