EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penerapan Nilai-Nilai Religius Pada Materi Akidah Akhlak Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Al-Hamid Banjarmasin

Norhayati, Norhayati (2023) Penerapan Nilai-Nilai Religius Pada Materi Akidah Akhlak Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Al-Hamid Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (378kB)
[img] Text
AWAL(1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB V(1).pdf

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penerapan nilai-nilai religius adalah pelaksanaan atau kegiatan mempraktekkan sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan diterapkannya nilai-nilai religius ini dalam keseharian siswa diharapkan siswa dapat membentengi dirinya agar tidak terjerumus kedalam hal-hal yang merugikan baik bagi dirinya maupun bagi orang lain. Oleh karena itu dibutuhkan peran dari guru dalam membimbing dan juga mengarahkan siswa agar selalu berbuat sesuai anjuran agama, salah satu nya melalui pembelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang penerapan nilai-nilai religius pada materi akidah akhlak kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Al-Hamid Banjarmasin dengan dua sub fokus yaitu 1). Materi NilaiNilai Religius dan 2). Metode yang digunakan guru dalam penerapan nilai-nilai religius tersebut. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang bertujuan dengan terjun kelapangan untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan. Metode penelitian adalah metode deskriptif kualitatif dengan memperoleh data dari berbagai instrumen yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi sehingga dihasilkan data-data berupa kata-kata. Pengumpulan data menggunaan teknik observasi, wawancara, dan dokumentar. Semua data yang terkumpul, diproses melalui reduksi, editing, klasifikasi data, verifikasi serta simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan nilai religius pada materi akidah akhlak kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Al-Hamid Banjarmasin meliputi nilai ibadah, nilai ruhul jihad, nilai akhlak dan disiplin. Penerapan nilai religius ini tidak hanya diterapkan dalam pembelajaran akidah akhlak tetapi juga melalui kegiatan di madrasah. Metode yang digunakan guru dalam penerapan nilai religius ini berbeda-beda yaitu metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasehat, dan metode bercerita.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 17 Apr 2023 03:04
Last Modified: 17 Apr 2023 03:04
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22717

Actions (login required)

View Item View Item