EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Strategi Komunikasi dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Qur’an Anak di Komunitas Mengajian

Salsabella, Aprillia (2023) Strategi Komunikasi dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Qur’an Anak di Komunitas Mengajian. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (211kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (835kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (714kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (142kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (838kB)

ABSTRAK

Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Komjen (Purn) Syafruddin menyebut sebanyak 65 persen warga muslim di Indonesia buta huruf Al-Qur'an. Dia menyoroti hanya 35 persen yang bisa baca Al-Qur'an. Hal ini menjadi faktor terbentuknya Mengajian.Si di Kota Banjarmasin dengan tujuan menyosialisasikan pentingnya membaca Al-Qur’an cetak terkhusus kepada generasi muda yakni anak-anak dan para remaja di Kota Banjarmasin terutama yang bergabung di Mengajian.Si. Tujuan yang ingin dicapai tentunya meningkatkan minat baca Al-Qur’an anak. Namun untuk mencapai tujuan yang diharapkan tentunya diperlukan strategi komunikasi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan komunitas Mengajian.Si dalam meningkatkan minat baca AlQur’an anak dan faktor yang mempengaruhi minat baca Al-Qur’an anak di komunitas Mengajian.Si. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan penelitian lapangan untuk menghasilkan data dari wawancara dan observasi. Data yang diperoleh kemudian akan dianalisis dengan analisis induktif dengan model analisis data Model Miles dan Huberman. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan memiliki beberapa tahapan yakni tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Adapun strategi komunikasi yang dilakukan adalah kegiatan pembelajarannya menggunakan metode sing a song yang memuat yel-yel maupun nyanyian, pengajar yang masih muda cenderung memiliki kreativitas dalam metode pembelajaran dilakukan pendekatan secara psikologis untuk mengetahui karakteristik murid dan strategi penyampaian pesannya dengan tanya jawab. Kemudian, faktor yang mempengaruhi minat baca Al-Qur’an anak adalah apresiasi baik dari pengajar maupun orang tua, kemauan dalam diri anak murid, adanya ice breaking atau permainan dalam kegiatan pembelajaran, kemampuan pengajar untuk membuat para murid senang dan fokus mengikuti kegiatan pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 17 Apr 2023 06:44
Last Modified: 17 Apr 2023 06:44
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22720

Actions (login required)

View Item View Item