EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PELAKSANAAN PERATURAN MENTERI SOSIAL NOMOR 1 TAHUN 2018 TENTANG PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA (STUDI KASUS; DI KANTOR DESA TANJUNG PERAWAN)

Huzaifi, Ahmad (2023) PELAKSANAAN PERATURAN MENTERI SOSIAL NOMOR 1 TAHUN 2018 TENTANG PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA (STUDI KASUS; DI KANTOR DESA TANJUNG PERAWAN). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (809kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (609kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (805kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (559kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (542kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (21MB)

ABSTRAK

Selama pelaksanaan program keluarga harapan di Desa Tanjung Perawan, Peneliti menemukan sejumlah persoalan yang menjadi kendala pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat desa masih ada penerima program keluarga harapan yang belum tepat, dimana penerima program program keluarga harapan diberikan kepada yang mampu secara perekonomian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Peraturan Menteri Sosial No. 1 Tahun 2018 Dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa, selain itu juga untuk mengetahui upaya pemerintah desa dalam mengatasi hambatan pada program keluarga harapan dalam meningkatkan sumber daya masyarakat desa serta untuk mengetahui solusi pemecahan permasalahan pada pelaksanaan Program Keluarga Harapan di desa Tanjung perawan. Metode penelitian yang digunakan adalah grounded theory, dan teori yang dikembangkan sebagai hasil penyelidikan peristiwa aktual bersifat induktif. Langkah selanjutnya adalah menganalisis data dengan menggunakan metode penelitian kualitatif seperti mengajukan pertanyaan berdasarkan hasil wawancara, observasi lapangan, dan studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa faktor kendala yang membuat pelaksanaan Peraturan Menteri Sosial No. 1 tahun 2018 Tentang Program Keluarga Harapan adalah adanya kekosongan jabatan pendamping PKH yang sudah ada sejak beberapa bulan terakhir. Selain itu, masih terlihat adanya ketidaksesuaian sasaran yang menunjukkan masih adanya lansia yang tidak teridentifikasi sebagai penerima Program Keluarga Harapan. serta faktor yang menyebabkan lamanya proses pemutakhiran data. Tidak sinkronnya data NIK dari komponen di DTKS yang bersangkutan dengan data menjadi salah satu penyebab yang dipersoalkan. Hal ini membuat data tidak terbaca dan membuat bantuan yang diterima tertunda. Sehingga kegiatan pelaksanaan program Keluarga Harapan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat miskin menjadi di kurang maksimal.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 03 May 2023 07:08
Last Modified: 03 May 2023 07:08
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22887

Actions (login required)

View Item View Item