EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pemahaman Orangtua tentang Pendidikan Seksualitas Anak Usia Dini di Kelurahan Kertak Hanyar II Kabupaten Banjar

Magfirah, Rizqi Lailatun (2023) Pemahaman Orangtua tentang Pendidikan Seksualitas Anak Usia Dini di Kelurahan Kertak Hanyar II Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (462kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (322kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (660kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (514kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (805kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (367kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (356kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Orangtua memiliki kewajiban untuk memberikan pendidikan seksual anak. Dikarenakan hal ini akan menjadi bekal agar anak memahami makna, fungsi, menjaga kebersihan tubuh dan menghindari bahaya kekerasan seksualitas. Adapun pendidikan seksual yang diberikan kepada anak hanya sebatas pengenalan fungsi, dan cara menjaga kebersihan dan kesehatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman orangtua mengenai pendidikan seksual anak usia dini berdasarkan jenjang pendidikan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian sebanyak 12 orang yang berpendidikan SD, SMP, SMA, dan sarjana yang memiliki anak berusia 2-7 tahun. Objek pada penelitian ini mengenai tingkat pemahaman orangtua mengenai pendidikan seksualitas anak berdasarkan tingkat pendidikan. Indikator pemahaman orangtua yaitu, pemahaman orangtua mengenai pengertian pendidikan seksual untuk anak, pemahaman mengenai pentingnya menjaga kebersihan tubuh dan alat kelamin, pemahaman mengenai usia anak untuk mulai mengenal pendidikan seksual, dan memahami pendekatan yang digunakan untuk memberikan pendidikan seksual untuk anak. Berdasarkan penelitian, menunjukkan dari 12 kepala keluarga ada 7 orangtua yang belum memahami makna pendidikan seksualitas untuk anak usia dini. Orangta yang berpendidikan SD dan SMP merupakan tingatan penddikan yag rendah , karena itu mereka belum memahami makna pendidika seksual untuk anak. Orabgtua menerapkan pendidikan seksual saat anak memasuki usia baligh dengan mengajarkan bagaimana cara merawat dan menjaga kesehatan alat kelamin, dengan pendekatan normatif dan kesehatan. SMA dan sarjana sudah tergolong pada tingkatan pendidikan menengah dan inggi sehingga orangtua sudah memahami makna pendidikan sesual untuk anak usia dini, saat anak usia anak memasuki tiga tahun, dengan mengenalkan nama, fungsi cara menjaga kebersihan dan kesehatan anggota tubuh, dengan pendekatan normatif dan kesehatan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 15 May 2023 05:24
Last Modified: 15 May 2023 05:24
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23025

Actions (login required)

View Item View Item