EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengembangan Modul Orientasi Nilai Keluarga Sakinah, Mawaddah Wa Rahmah pada Remaja Nikah Dini di Kabupaten Tapin (Studi Research and Development pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Sirang Pitu)

Fauzi, Ahmad (2023) Pengembangan Modul Orientasi Nilai Keluarga Sakinah, Mawaddah Wa Rahmah pada Remaja Nikah Dini di Kabupaten Tapin (Studi Research and Development pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Sirang Pitu). Disertasi, Pascasarjana.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (191kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (333kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (550kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (289kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (140kB)

ABSTRAK

Latar belakang penelitian adalah tingginya angka pernikahan dini yang tinggi yaitu 13% dikarenakan faktor ekonomi dan hamil diluar nikah berimplikasi pada perceraian pernikahan dini, dimana setiap 4 pasang yang menikah dini 1 pasangnya mengalami perceraian dalam usia pernikahan 3 tahun. KDRT terjadi pada keluarga nikah dini sehingga jauh dari harapan membangun keluarga yang samawa, sehingga diperlukan multi pendekatan dalam meminimalkan hal tersebut yaitu dengan membuat modul samawa. Penelitian ini bertujuan menggambarkan cara mengembangkan modul orientasi nilai keluarga samawa pada remaja nikah dini dan mengetahui efektifitas dan efisiensi dari modul yang dikembangkan. Metode adalah research and development dari Borg and Gall dengan penyederhanaan penelitian dan pengembangan dari Sukmadinata dengan langkah; tahap studi pendahuluan dan tahap pengembangan modul. Data yang diperoleh dari penelitian berupa data kualitatif berupa; uraian, saran, kritikan, masukan dari validator dan praktisi, data kuantitatif berupa; angka numeral dan perhitungan statistik dari hasil konversi pernyataan dari skala pengukuran dalam bentuk angket atau kuisioner. Hasil penelitian adalah; 1. Dihasilkan modul orientasi nilai keluarga samawa yang dikembangkan dari teori Quraish Shihab 2. Uji coba pendahuluan di PKBM Sirang Pitu dengan 8 responden hasilnya terjadi peningkatan asfek kognitif dari pretest ke posttest dan asfek afektif tidak terjadi peningkatan. 2. Uji coba utama di 5 PKBM (Sirang Pitu, Sasangga Banua, Lathiiful Khabiir, Berkah Ilmu, Insan Peduli) dengan 32 responden hasilnya terjadi peningkatan asfek kognitif dan afektif dari pretest ke postest dengan peningkatan rata-rata skor kognitif dan afektif modul 1, 2, 3, gabungan 1,2,3 dan assessmen secara berurut yaitu: 42,54 – 30,87 – 28,61 – 102,03 – 209,74 dan 25,8 – 25,8 – 33,23 – 84,84 – 90,32. Kesimpulannya modul yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan asfek kognitif dan afektif tentang keluarga samawa pada warga belajar di lima PKBM. Efisiensi dan kepraktisan modul yang dikembangkan sudah sangat baik dengan skor 3,25.

Item Type: Disertasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 31 May 2023 01:26
Last Modified: 31 May 2023 01:26
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23032

Actions (login required)

View Item View Item