EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen Penghimpunan dan Pendistribusian ZIS Program Banjarmasin Sejahtera di BAZNAS Kota Banjarmasin

Wahyuni, Amelia Tri (2023) Manajemen Penghimpunan dan Pendistribusian ZIS Program Banjarmasin Sejahtera di BAZNAS Kota Banjarmasin. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (260kB)
[img] Text
AWAL - Amelia Tri Wahyuni.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (529kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengaruh kemiskinan sampai saat ini belum pernah tuntas. Persoalan ini senantiasa menarik perhatian akademisi maupun praktisi, untuk ditanggulangi dan menjadi prioritas utama dalam melaksanakan pembangunan kesejahteraan sosial. ZIS merupakan salah satu cara untuk mengentaskan kemiskinan. BAZNAS Kota Banjarmasin merupakan salah satu lembaga aktif yang memiliki beberapa bidang antara lain bidang pengumpulan dan bidang pendistribusian. Bedah Rumah Dhuafa ini termasuk dalam program Banjarmasin Sejahtera merupakan program yang bertujuan membantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Program ini merupakan program kerja tahunan BAZNAS Kota Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan mengetahui Manajemen Penghimpunan dan Pendistribusian ZIS program Banjarmasin Sejahtera di BAZNAS Kota Banjarmasin dalam mengetahui manajemen penghimpunan dana ZIS maupun manajemen pendistribusian dana ZIS untuk Bedah Rumah Dhuafa dari perencanaan, peorganisasian, pelaksanaan maupun pengawasan dan evaluasi pada Bedah Rumah Dhuafa pada program Banjarmasin Sejahtera. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) lokasi yang akan diteliti yaitu BAZNAS Kota Banjarmasin. Subjek dalam penelitian ini adalah empat orang pengurus BAZNAS Kota Banjarmasin dan dua orang mustahik, dengan objek penelitian adalah Manajemen Penghimpunan dan Pendistribusian ZIS Program Banjarmasin Sejahtera di BAZNAS Kota Banjarmasin. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini, diketahui bahwa manajemen penghimpunan dan pendistribusian ZIS program Banjarmasin Sejahtera di BAZNAS Kota Banjarmasin dipandang dari segi fungsi manajemen sudah baik akan tetapi dalam penghimpunan dana zakat masih kurang maksimal karena belum adanya kesadaran dari masyarakat untuk ber zakat infak maupun bersedekah. Dana yang didapat untuk Bedah Rumah Dhuafa ini adalah dana infak dan sedekah. Sedangkan dalam pendistribusian dana untuk Bedah Rumah Dhuafa dilihat dari segi fungsi manajemen sudah sesuai meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan/evaluasi. Untuk dana infak dan sedekah disalurkan kepada dua orang mustahik yang memang pantas dan berhak untuk mendapatkan bantuan Bedah Rumah Dhuafa dari BAZNAS Kota Banjarmasin.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 22 May 2023 02:51
Last Modified: 22 May 2023 02:51
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23049

Actions (login required)

View Item View Item