EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Makna Simbolis di Balik Ritual Maulid Nabi di Kecamatan Banjarmasin Tengah (Studi Fenomenologi Annemarie Schimmel)

Pramana, Fariz (2023) Makna Simbolis di Balik Ritual Maulid Nabi di Kecamatan Banjarmasin Tengah (Studi Fenomenologi Annemarie Schimmel). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
Surat pernyataan keaslian (bebas plagiasi).pdf

Download (135kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (593kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (84kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (263kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (128kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (319kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (108kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Maulid Nabi menjadi tradisi pada masyarakat Kalimantan Selatan yang terus berkembang hingga saat ini, baik itu di perkotaan maupun di pelosok-pelosok desa terpencil. Tradisi ini berisikan pembacaan syair-syair pujian atas Nabi Muhammad SAW yang merupakan sebuah penghormatan umat Islam pada beliau. Namun, dibalik perayaan ini terdapat sebagian masyarakat yang tidak mengetahui tujuan dan makna secara simbolis dari rangkaian aktivitas yang ada didalamnya sehingga diperlukan penelitian secara mendalam menggunakan teori fenomenologi Annemarie Schimmel. Penelitian ini akan berfokus pada makna simbolis di balik ritual maulid Nabi di kecamatan Banjarmasin Tengah berdasarkan perspektif Annemarie Schimmel. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) karena akan berfokus pada pandangan Annemarie Schimmel mengenai makna simbolis yang terdapat dalam ritual maulid Nabi di lapangan. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi dan wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai buku atau dokumen tertulis lainnya terkait objek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan maulid di Banjarmasin Tengah dirayakan layaknya acara formal pada umumnya. Maulid Nabi dilaksanakan sesudah sholat isya di masjid sebagai bentuk ruang dan waktu yang suci serta menurut perspektif Annemarie Schimmel bahwa tradisi ini tergolong sebagai tripartisi yang merupakan tindakan suci, yaitu Via Purgativa (pelaksanaan maulid dalam keadaan suci yang dibuktikan dengan perayaannya sehabis sholat fardhu), kemudian Via Illuminativa (dikerjakan dengan niat yang tulus berkat kecintaan kaum muslim pada Nabi Muhammad SAW), dan Via unitiva (Terdapatnya penyatuan ruhani dengan kekuatan Ilahi pada aktivitas maulid Nabi untuk menempuh kebahagiaan sejati). Aktivitas dan perlengkapan tersebut mengandung makna simbolisnya tersendiri seperti menyalakan dupa, bertawassul, membaca sya’ir maulid, mahallul qiyam, menggunakan kembang, menggunakan rebana sebagai alat musik maulid, dan menyediakan hidangan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 23 May 2023 05:50
Last Modified: 23 May 2023 05:50
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23058

Actions (login required)

View Item View Item