EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pandangan Partai Politik di Kota Banjarmasin Terhadap Sistem Proporsional Terbuka dan Proporsional Tertutup

Rahman, Muhamad (2023) Pandangan Partai Politik di Kota Banjarmasin Terhadap Sistem Proporsional Terbuka dan Proporsional Tertutup. Skripsi, Syariah.

[img] Text
1. PERNYATAAN - rahman.pdf

Download (159kB)
[img] Text
2. AWAL - rahman.pdf

Download (998kB)
[img] Text
3. ABSTRAK - rahman.pdf

Download (7kB)
[img] Text
4. BAB I - rahman.pdf

Download (397kB)
[img] Text
5. BAB II - rahman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
6. BAB III - rahman.pdf

Download (100kB)
[img] Text
7. BAB IV - rahman.pdf

Download (286kB)
[img] Text
8. BAB V - rahman.pdf

Download (185kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA - rahman.pdf

Download (311kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN - rahman.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pemilu berkualitas dan demokratis akan menghasilkan pemimpin dan wakil rakyat yang berkualitas. Sistem pemilu proporsional memang sudah sesuai dengan karakter masyarakat Indonesia yang majemuk, baik secara politik, sosial budaya, ekonomi, multietnis, multiagama, dan multideologi. Namun, sistem pemilu proporsional yang mana yang tepat digunakan, terbuka atau tertutup. Indonesia pernah mencoba keduanya dan sekarang Indonesia menggunakan sistem terbuka, tetapi sistem tersebut banyak mengalami masalah salah satunya adalah politik uang. Memang antara kedua sistem memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Sampai saat ini masih terjadi kebingungan sistem pemilu proporsional yang mana yang cocok dan tepat digunakan. Pandangan partai politik mengenai hal tersebut berbeda-beda ada yang mempertahankan sistem terbuka dan ada yang ingin sistem pemilu diganti menjadi sistem tertutup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan partai politik terhadap proporsional terbuka dan proporsional tertutup. Serta bertujuan untuk mengetahui dasar hukum atau dalil dari pandangan partai politik terhadapsistem proporsional terbuka dan tertutup. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris dengan pendekatan deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data peneliti menggunakan editing, deskrips, matrik, dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pandangan para informan mengenai sistem proporsional terbuka dan tertutup adalah berbeda. Pandangan PAN dan PKS bahwa sistem terbuka adalah sistem yang paling demokrasi untuk masyarakat sekarang sedangkan sistem tertutup adalah suatu kemunduran demokrasi. Sementara pandangan PDIP bahwa sistem tertutup akan menghasilkan kader yang berkualitas, selain itu sistem tertutup bisa menekan biaya pemilu, tidak seperti sistem terbuka, PDIP memandang optimis pada sistem tertutup untuk memperkuat peran partai politik sebagai tiang demokrasi dan akan diterapkan pada pemilu 2024.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 29 May 2023 03:29
Last Modified: 29 May 2023 03:29
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23080

Actions (login required)

View Item View Item