EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen Tata Ruang Pasca Banjir pada Perpustakaan SMA Negeri 1 Barabai

Pathimah, Pathimah (2023) Manajemen Tata Ruang Pasca Banjir pada Perpustakaan SMA Negeri 1 Barabai. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (310kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (969kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (577kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (126kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Kondisi tata ruang perpustakaan sekolah cukup menentukan keberhasilan pengelolaan perpustakaan sekolah tersebut. Oleh karena itu, harus ditata dengan sebaik-baiknya supaya dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pemustaka. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan proses manajemen tata ruang perpustakaan pasca banjir pada SMA Negeri 1 Barabai, yang dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi dan kendala yang terjadi dalam manajemen tata ruang perpustakaan. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian lapangan (field research) dan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian adalah kepala perpustakaan dan staf perpustakaan. Sedangkan objek penelitian adalah manajemen tata ruang pasca banjir pada perpustakaan SMA Negeri 1 Barabai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen tata ruang perpustakaan SMA Negeri 1 Barabai dalam pengelolaannya, dimulai perencanaan rapat kerja mengenai pemindahan perpustakaan SMA Negeri 1 Barabai ke lantai atas guna menghindari banjir dan dikarenakan ruangannya lebih luas dengan pencahayaan yang bagus, mengenai penataan ruang perpusakaan seperti menambah ruang kepala perpustakaan dengan ruang pengolahan, pemberian cat ruangan, pembaruan rak buku dan lemari yang lapuk akibat banjir. Pengorganisasian dilakukan oleh kepala perpustakaan yang memberikan arahan dalam pemindahan ataupun menata ruang perpustakaan dan 4 orang staf perpustakaan bertugas dalam menata sarana dan prasarana di ruangan perpustakaan. Pelaksanaan mengenai pemindahan ruangan perpustakaan dan penataan kembali ruangan yaitu menyusun sarana dan prasarananya. Pengawasan dan evaluasi dilakukan oleh kepala perpustakaan dan staff perpustakaan dan tidak ada jadwal khusus. Kendala manajemen tata ruang adalah pustakawan kurang mengetahui tata ruang yang sesuai standar dan pendanaan yang kurang sehingga dalam penataan ruang perpustakaan tidak terlaksana sesuai program yang dibuat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 30 May 2023 05:08
Last Modified: 30 May 2023 05:08
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23099

Actions (login required)

View Item View Item