EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pola Komunikasi Interpersonal Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keislaman di Era Gen-Z (Studi Pada Madrasah Diniah Amanatul Ummah Pulau Kerayaan)

Ulum, Hairul (2023) Pola Komunikasi Interpersonal Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keislaman di Era Gen-Z (Studi Pada Madrasah Diniah Amanatul Ummah Pulau Kerayaan). Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (282kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (548kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (574kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (211kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Komunikasi memang penting dalam interaksi manusia, juga tak kalah penting dalam proses pendidikan seperti di Madrasah. Tanpa komunikasi yang baik, hasil pendidikan tidak dapat tercapai dengan baik. Pada dasarnya, di Madrasah terjadi komunikasi kelompok, tetapi ketika murid berbicara dengan guru, komunikasi berubah menjadi interpersonal. Setiap Guru di Madrasah memiliki tanggung jawab untuk menanamkan pengetahuan tentang Islam kepada muridnys. Pola dan metode komunikasi yang tepat dari guru diperlukan untuk mencapai hasil yang maksimal. Penelitian ini melibatkan guru dan murid sebagai subjek dan bertujuan untuk menganalisis pola komunikasi guru dalam menanamkan nilai-nilai Islam kepada murid di Madrasah Diniah Amantul Ummah Pulau Kerayaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif yaitu memaparan (menggambarkan) dengan kata-kata atau kalimat data yang telah diperoleh, kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan kalimat-kalimat tidak dengan bentuk angka. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumenter. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi interpersonal yang digunakan guru madrasah diniah dalam menanamkan nilainilai keislaman menggunakan tiga pola yaitu pola satu arah, dua arah dan banyak arah. Pola satu arah seperti memberikan penjelasan tentang dalam mata pelajaran tentang islam ,nasehat, dan ceramah. Komunikasi dua arah adanya tanya jawab antara guru dan murid ketika guru memberikan penjelasan pada murid yang kurang mengerti dengan materi yang diajarkan sedangkan pola ketiga yaitu pola banyak arah hal ini terlihat ketika melakukan diskusi kelompok. Namun penggunaan ketiga pola tersebut tidak selalu terjadi hal itu tergantung dari kondisi dan situasi. Hambatan penanaman nilai-nilai keislaman adalah meliputi minimnya sumber daya pengajar di Madrasah, sikap anak yang masih kurang dan perlu didik lagi dalam berperilaku ketika dalam proses belajar dan bergaul dengan temannya serta taman Madrasah Diniah ini belum memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung proses kegiatan ajar mengajar Guru dengan Murid.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 30 May 2023 07:23
Last Modified: 30 May 2023 07:23
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23109

Actions (login required)

View Item View Item