EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Teknik Komunikasi dalam Pembelajaran Al-Qur’an di TPA Raudatul Jannah Desa Pantai Hambawang Timur

Hayati, Nisrina Rahmah (2023) Teknik Komunikasi dalam Pembelajaran Al-Qur’an di TPA Raudatul Jannah Desa Pantai Hambawang Timur. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
1. PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (253kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (367kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (726kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (362kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (970kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (345kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (456kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

TPA Raudatul Jannah merupakan sebuah lembaga yang menyelenggarakan pendidikan nonformal dengan jenis keagamaan islam yang bertujuan untuk memberikan pengajaran membaca Al-Qur’an sejak dini, dan memahami dasar-dasar agama islam pada anak usia dini. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja teknik komuniksi yang diterapkan oleh mudarris dalam pembinaan pembelajaran Al-Qur’an, bagaimana menerapkannya dan apa faktor penghambat dan pendukung yang dimiliki TPA Raudatul Jannah dalam pembinaan pembalajaran Al-Qur’an di TPA Raudatul Jannah. Jensi penelitian ini adalah penelitian lapangan, penulis melakukan observasi untuk menggali data yang terkait dengan teknik komunikasi yang dipakai di TPA Raudatul Jannah. Penulis juga melakukan wawancara kepada beberapa mudarris dan dokumentasi. Subjek penelitian skripsi ini adalah Kepala Sekolah dan mudarris TPA Raudatul Jannah. Sedangkan objek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalahh teknik komuniksi yang digunakan mudarris di TPA Raudatul Jannah, Penrapan teknik komunikasi dalam pembinaan pembelajaran Al-Qur’an. Penelitian ini berlokasi di Desa Pantai Hambawang Timur. Penelitian ini memiliki hasli yaitu teknik komunikasi yang digunakan pada pembelajaran Al-Qur’an di TPA Raudatul Jannah desa Pantai Hambawang Timur menggunakan 4 teknik komunikasi yang dikemukakan oleh Prof. Drs. Onong Uchjana Effeny yang mana saling berkaitan. Teknik komunikasi informatif dilakukan ketika sebelum pembelajaran Al-Qur’an, untuk teknik komunikasi persuasif dilakukan ketika pembalajaran Al-Qur’an sudah dimulai, untuk teknik komunikasi instruktif/koersif dilakukan ketiak pembelajaran Al-Qur’an dimulai sampai selsai, sedangkan untuk teknik hubungan manusiawi dilakukan ketika diluar jam belajar. Faktor hambatan yang dimiliki oleh TPA Raudatul Jannah yaitu faktor usia yang dimilik para santri masih dalam masa bermain, malas dan kurang semangat dalam mengulan materi yang sudah didapat, terbatasnya waktu dalam pembinaan pemelajaran Al-Qur’an, fasilitas yang kurang, dan kurangnya tenaga pendidik/mudarris. Disamping hambatan yang ada pasti memiliki faktor pendukung yaitu adanya pasrtisipasi dari orang terdekat santri,adanya dorongan oleh mudarris dan juga temen-temen santri dan adanya daya tarik yang dimiliki oleh TPA Raudatul Jannah.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 27 Jun 2023 06:05
Last Modified: 27 Jun 2023 06:05
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23450

Actions (login required)

View Item View Item