EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Bimbingan Keagamaan di Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Al-Anshari Kota Banjarmasin

Haramaini, Imamul (2023) Bimbingan Keagamaan di Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Al-Anshari Kota Banjarmasin. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (208kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (924kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (194kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (781kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (224kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi atas pemikiran bahwa bimbingan yang diberikan kepada santriwati di pondok pesantren tahfizh Al-Qur’an Al-Anshari sangatlah bermanfaat dan berperan penting dalam meningkatkan kualitas didalam diri santriwati dengan mengajarkan bimbingan keagamaan agar mereka menjalani hidup dengan akhlak yang baik berkat mengamalkan Al-Qur’an Rumusan masalah dalam penelitian ini untuk bagaimana bimbingan keagamaan di Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Al-Anshari dan apa saja faktor penunjang serta faktor penghambat di Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur’an AlAnshari. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research), dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian melakukan wawancara kepada ustaz Muhammad Zaini, Lc., tenaga pengajar yang ada Pondok Pesantren Tahfizh AlQur’an Al-Anshari. Peneliti juga melakukan observasi dan dokumentasi untuk menggali data yang terkait dengan bimbingan keagamaan di Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Al-Anshari. Hasil penelitian ini yaitu bimbingan keagamaan di Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Al-Anshari yaitu salat fardhu dan salat sunnah yang meliputi salat sunnah tahajud, isyraq, dan dhuha. Bimbingan puasa yaitu puasa di bulan Ramadhan, dan puasa sunnah yang meliputi puasa sunnah senin, kamis, asyu’ra, nisfu sya’ban, 6 hari pada bulan syawal dan puasa arafah, bimbingan membaca AlQur’an yang menggunakan metode tilawati. Bimbingan melalui halaqah ngaji yang dimana kegiatan ini berisikan tiga bagian yaitu pembelajaran tilawati, pengulangan hafalan (murajaah) dan menyetor hafalan. Bimbingan adab sopan santun yaitu prilaku sehari-hari santriwati menghormati dengan memberi salam pada yang lebih tua dan sopan dalam berbicara kepada orang lain. Faktor penunjang bimbingan keagamaan di Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Al-Anshari ini adalah ustaz/ ustazah yang sudah professional, pengalaman serta menguasai dalam pengetahuan mengenai keagamaan sehingga memudahkan dalam proses pemberian bimbingan, untuk kalangan santriwati sudah terealisasikan keteladanan dan pembiasaan bimbingan keagamaan yang mereka dapatkan dan kegiatan yang sudah di susun rapi, serta di damping deengan fasilitas yang sudah memadai. Faktor penghambat kurangnya tenaga pengajar dan masalah finansial.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 05 Jul 2023 07:01
Last Modified: 05 Jul 2023 07:01
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23495

Actions (login required)

View Item View Item