EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pemanfaatan Google Form Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Fiqih di MI Nurul Ummah Sampit

Arqam, M. Syahrul (2023) Pemanfaatan Google Form Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Fiqih di MI Nurul Ummah Sampit. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (52kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (927kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (856kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (336kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Google Form telah menjadi salah satu alat yang populer dan bermanfaat dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran. Dengan begitu, Google Form akan menunjang sebuah evaluasi pembelajaran merujuk pada proses sistematis untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi tentang kemajuan belajar siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui pemanfaatan Google Form sebagai media evaluasi pembelajaran, kemudian mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan Google Form sebagai media evaluasi pembelajaran Fiqih di MI Nurul Ummah Sampit. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru mata pelajaran Fiqih dan 5 orang peserta didik. Sedangkan objek penelitiannya adalah pemanfaatan Google Form sebagai media evaluasi pembelajaran Fiqih di MI Nurul Ummah Sampit. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam pemanfaatan Google Form sebagai media evaluasi pembelajaran Fiqih pada tahap perencanaan guru telah membuat soal-soal pada Google Form, pembagian link pada peserta didik serta LKS Fiqih sebagai materi belajar (2) Tahap pelaksanaan peserta didik melakukan kegiatan evaluasi pembelajaran menggunakan Google Form sesuai dengan arahan yang disosialisasikan sebelumnya dengan waktu pengerjaan yang telah ditentukan. (3) Pada refleksi pemanfaatan Google Form sebagai media evaluasi pembelajaran Fiqih dilakukan dengan dua poin yang ditekankan yaitu efektivitas dan efisiensi. Identifikasi kelebihan Google Form: mudah untuk dipahami, gratis, tampilan yang sederhana, responsif dan cepat. Adapun kelemahannya: mengharuskan siswa memiliki smartphone, kendala pada kuota internet, jaringan internet yang tidak stabil atau hilang, dan masalah bawaan pada smartphone.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 21 Jul 2023 04:12
Last Modified: 21 Jul 2023 04:12
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24025

Actions (login required)

View Item View Item