EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Digitalisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Secara Online Madrasah Negeri di Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar

Darmawati, Darmawati (2023) Digitalisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Secara Online Madrasah Negeri di Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (137kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (772kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (540kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Transformasi Penerimaan Peserta Didik Baru seca manual menjadi online telah diinstruksikan oleh Kementerian Agama dengan tujuan kemudahan. Namun menurut kondisi sekolah-sekolah pada Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar tidak semua menggunakan secara online karena masih banyak orang tua (wali) atau calon peserta belum memahami pendaftaran secara online dan akses internet yang masih tabu. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan rancangan digitalisasi Penerimaan Peserta Didik Baru online pada Madrasah Negeri Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan; (2) mengetahui pengorganisasian digitalisasi Penerimaan Peserta Didik Baru online tersebut; (3) mengetahui pelaksanaan digitalisasi Penerimaan Peserta Didik Baru online tersebut; (4) mengetahui monitoring dan evaluasi digitalisasi Penerimaan Peserta Didik Baru online tersebut. Metode penelitian adalah pendekatan kualitatif eksplanatori karena menghadapi studi kasus yang berfokus pada satu isu tertentu yaitu Digitalisasi Penerimaan Peserta Didik Baru Online dengan tempat penelitian pada 3 lokasi yaitu MIN 14 Banjar, MTsN 6 Banjar, MAN 4 Banjar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan dengan triangulasi yaitu mengumpulkan data sembari menguji kredibilitas data, melakukan analisa data dengan pengecekan dan telaah data dari hasil pengumpulan data, dan reduksi data untuk mendapatkan kesimpulan sebagai hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Rancangan digitalisasi Penerimaan Peserta Didik Baru online pada Madrasah Negeri Kecamatan Martapura telah sesuai dengan 4 tahapan yaitu :(a) pembentukan panitia; (b) menganalisa kebutuhan sekolah; (c) penyusunan persayaratan pendaftaran; (d) publikasi atau pengumuman; (2) Pengorganisasian digitalisasi tersebut dalam 4 langkah yaitu: (a) pembagian tugas kerja; (b) rapat kepanitian; (c) penyusunan alur pendaftaran; dan (d) penyediaan sarana dan prasarana. (3) Pelaksanaan digitalisasi tersebut dengan 5 tahapan yaitu: (a) sosialisasi kepada masyarakat melalui melaui media elektronik dan media masa; (b) pendaftaran secara online dan apabila terjadi kendala dapat lansung bertanya pada panitia di stand pendaftaran atau secara call; (c) penyerahan berkas berbentu fisik secara offline; (d) tes kemampuan akademik dan wawancara secara offline, (e) pendaftaran ulang secara online dan offline. (4) Monitoring dan evaluasi digitalisasi menunjukkan 2 faktor yaitu: (a) Faktor pendukung adalah banyak peminat, penggunaan sistem zona (area), penggunaan aplikasi menyesuaikan tingkat kemampuan masyarakat, dan penguasaan teknologi secara bertahap, dan (b) Faktor penghambat adalah aplikasi online memerlukan perbaikan bug, pembatasan jumlah siswa, keterbatasan kemampuan teknologi masyarakat sehingga memerlukan bantuan panitia pelaksana secara offline.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 11 Aug 2023 07:27
Last Modified: 11 Aug 2023 07:27
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24802

Actions (login required)

View Item View Item