EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam pada Era Digital di SMP Negeri Kabupaten Kapuas

M. Adnan, M. Adnan (2023) Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam pada Era Digital di SMP Negeri Kabupaten Kapuas. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (232kB)

ABSTRAK

Era digital merupakan era di mana semua aspek dalam kehidupan, termasuk dalam proses pembelajaran yang terjadi lebih banyak memanfaatkan media digital. Pendidikan di era digital mengacu pada pemanfaatan teknologi dan perangkat digital untuk mendukung proses pembelajaran. Sesuai dengan Permendikbud No. 22 Tahun 2016, guru diharapkan dapat mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran, agar pembelajaran dan transfer ilmu pengetahuan menjadi lebih kreatif dan inovatif. Namun, terlihat guru PAI masih menggunakan metode konvensional dalam proses pembelajaran pada era digital. Tesis ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang : 1) kompetensi guru PAI pada era digital, 2) tantangan guru PAI dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran PAI pada era digital, dan 3) improvisasi guru PAI dalam mengatasi tantangan pada era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berdasarkan pada filsafat interpretif atau pos positivisme. Dalam metode ini, penelitian bersifat naturalistis. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kapuas Timur, SMP Negeri 2 Kapuas Timur, dan SMP Negeri 3 Selat. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Teknik keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga guru PAI di SMP Negeri tersebut memiliki ketiga kompetensi yang harus dimiliki oleh guru pada era digital, yaitu pengetahuan teknologi, pengetahuan pedagogi, dan pengetahuan konten. Meskipun ketiganya mempunyai ketiga kompetensi guru pada era digital, namun masih belum sering dalam mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran PAI. Tantangan guru PAI dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran PAI pada era digital beragam, ketiganya memiliki tantangan-tantangan yang berbeda-beda dari segi tantangan internal maupun tantangan eksternal. Improvisasi yang dilakukan oleh guru PAI dalam mengatasi tantangan pada era digital pun berbeda-beda dari segi improvisasi dalam mengatasi tantangan internal maupun eksternal. Semua itu bertujuan untuk menjadikan pembelajaran PAI pada era digital supaya lebih efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 30 Aug 2023 06:52
Last Modified: 30 Aug 2023 06:52
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24896

Actions (login required)

View Item View Item