EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pendidikan Anti Radikalisme Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri di Hulu Sungai Utara (Analisis pada Pembelajaran PAI)

Barkatillah, Barkatillah (2023) Pendidikan Anti Radikalisme Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri di Hulu Sungai Utara (Analisis pada Pembelajaran PAI). Disertasi, Pascasarjana.

[img] Text
Pernyataan.pdf

Download (66kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK - Inggris.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (960kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (602kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (142kB)

ABSTRAK

Sekolah merupakan sarana strategis dalam melaksanakan pendidikan anti radikalisme. Di sekolah diajarkan pemahaman tentang aqidah Islam secara benar dengan tidak mengesampingkan nilai-nilai kebhinekaan dan kebangsaan sebagai bekal untuk mencegah terjadinya radikalisme Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan anti radikalisme pada siswa sekolah menengah atas dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti serta sikap siswa setelah mempelajari pendidikan anti radikalisme Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research). ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pendidikan anti radikalisme (analisis pada pembelajaran PAI) dan yang menjadi subyek adalah guru dan siswa SMA Negeri di kabupaten Hulu sungai Utara. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut: Pertama ; Pendidikan anti radikalisme pada siswa sekolah menengah atas dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan Budi pekerti melalui pengintegrasian nilai-nilai anti radikalisme dalam pembelajaran dengan mengaitkan materi dengan pengalaman kehidupan nyata. Sosialisasi nilai-nilai anti radikalisme dalam pembelajaran Melalui contoh atau cerita terbaru tentang bentuk-bentuk radikalisme dan Pemberian nasehat dalam pembelajaran. Kedua; secara keseluruhan sikap siswa SMA Negeri di Hulu Sungai Utara telah dapat menerapkan pendidikan anti radikalisme pada diri mereka seperti mengakui Pancasila sebagai dasar negara dan tidak setuju terhadap gerakan-gerakan yang ingin mengubahnya, toleransi dan menghargai keyakinan orang lain tanpa mebedakan organisasi, senioritas, dan agama.Memilih calon pemimpin yang beragama Islam, tetapi jika calon pemimpin yang terpilih adalah non muslim, maka mereka menerima dengan lapang dada. Terdapat satu orang siswa SMA Negeri di Hulu Sungai Utara yang menginginkan adanya perubahan dasar negara, pemikiran itu didapatnya melalui pengajian di luar sekolah.

Item Type: Disertasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 20 Oct 2023 05:52
Last Modified: 20 Oct 2023 05:52
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25094

Actions (login required)

View Item View Item