EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Dakwah Kultural Sebagai Wujud Moderasi Beragama (Studi pada Masyarakat Desa Tajau Pecah Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut)

Qurrata’ayun, Nida Nabighah (2023) Dakwah Kultural Sebagai Wujud Moderasi Beragama (Studi pada Masyarakat Desa Tajau Pecah Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut). Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (165kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (61kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (46kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Keragaman suku, agama, dan budaya, Indonesia berhadapan dengan potensi perpecahan. Untuk menghindari hal itu, muncul konsep moderasi beragama untuk menjaga harmoni dan mencegah ekstremisme. Sebagai contoh, Desa Tajau Pecah di Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut yang diakui sebagai Kampung Moderasi Beragama, sangat menjunjung tinggi nilai toleransi. Umat muslim di desa ini melakukan kegiatan dakwah kultural, yaitu menggunakan tradisi budaya setempat sebagai media dakwah menjadi cara sederhana untuk mewujudkan moderasi beragama di sana. Dari latar belakang tersebut, dirumuskan permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana wujud implementasi dakwah kultural serta bagaimana pandangan pemuka agama Desa Tajau Pecah terhadap dakwah kultural sebagai wujud moderasi beragama oleh masyarakat muslim di Desa Tajau Pecah Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui wujud implementasi dakwah kultural dan pandangan pemuka agama desa terhadap kegiatan dakwah kultural sebagai wujud moderasi beragama oleh masyarakat muslim di sana. Adapun signifikansi penelitian ini sebagai penambah khazanah keilmuan dan wawasan mengenai dakwah kultural dan moderasi beragama, serta menjadi pengetahuan untuk penelitian dimasa mendatang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif, dengan subjek penelitiannya aparat desa, tiga pemuka agama yang terdiri dari pemuka agama Islam, Kristen (Protestan) dan Hindu, serta masyarakat Desa Tajau Pecah Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut. Objek dari penelitian ini adalah implementasi dakwah kultural yang dilaksanakan oleh masyarakat desa dan pandangan pemuka agama sebagai wujud moderasi beragama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan dakwah kultural seperti Baaruahan, Batapung Tawar, Brokohan, dan Sepasaran, masyarakat muslim di Desa Tajau Pecah dapat menerapkan moderasi beragama. Pernyataan dari pemuka agama dan masyarakat desa memberikan konfirmasi bahwa nilai-nilai moderasi beragama telah berhasil diwujudkan dengan baik melalui kegiatan dakwah kultural tersebut, seperti toleransi, kesediaan berdialog dan lain sebagainya.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 08 Jan 2024 04:33
Last Modified: 08 Jan 2024 04:33
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25592

Actions (login required)

View Item View Item