EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pola Komunikasi Orang Tua dalam Pembinaan Akhlak Anak di Desa Rampa Kabupaten Kotabaru RT O9

Aina, Risa Nur (2024) Pola Komunikasi Orang Tua dalam Pembinaan Akhlak Anak di Desa Rampa Kabupaten Kotabaru RT O9. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN SKRIPSI_RISA NUR AINA.pdf

Download (107kB)
[img] Text
AWAL_SKRIPSI RISA NUR AINA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK_RISA NUR AINA.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB I_RISA NUR AINA.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB II_RISA NUR AINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] Text
BAB III_RISA NUR AINA.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB IV_RISA NUR AINA.pdf

Download (510kB)
[img] Text
BAB V_RISA NUR AINA.pdf

Download (236kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_RISA NUR AINA.pdf

Download (240kB)
[img] Text
LAMPIRAN_RISA NUR AINA.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Anak merupakan penerus bangsa dan agamanya sehingga harus dibina akhlaknya, termasuk di usia perkembangan 7-11 tahun yang biasa dinamakan dengan tahap operasional konkrit. Pola komunikasi yang salah akan menyebabkan penyimpangan perilaku akhlak. Di Desa Rampa RT 09 Kabupaten Kotabaru terlihat adanya penyimpangan perilaku anak akibat komunikasi antar orang tua dengan anak yang tidak sepaham sehingga komunikator (para orang tua) dituntut untuk menerapkan teknik pola komunikasi yang sesuai, agar bisa mencapai tujuan dari penelitian ini yaitu pembinaan akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi yang orang tua terapkan untuk pembinaan akhlak anak usia 7-11 tahun agar bisa menerima nilai-nilai agama, serta membentuk karakter yang baik pula. Metode yang penulis gunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penulis menjadikan orang tua dengan kriteria tertentu sebagai subjek penelitian, dan anak usia 7-11 tahun sebagai objek penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah purposive sampling berjumlah 11 orang tua serta 11 orang anak. Berdasarkan hasil dari penelitian mengenai Pola Komunikasi Orang Tua Dalam Pembinaan Akhlak Anak Di Desa Rampa Kabupaten Kotabaru RT 09, terdapat tiga orang tua yang menggunakan pola komunikasi permissive (membebaskan), dan sembilan orang tua yang menggunakan pola komunikasi authoritative (demokratis). Dalam penelitian ini, pola komunikasi yang berdampak besar untuk pembinaan akhlak anak menjadi lebih baik ialah penerapan pola komunikasi authoritative atau demokrasi yang secara tidak langsung menggiring orang tua menerapkan metode-metode pembinaan akhlak anak seperti, Metode Hiwar/Dialog, Metode kisah Qur’ani dan Nabawi, Pendekatan Teladan dan Pendekatan Ta’widiyah, mereka berhasil mengimplementasikan pola komunikasi orang tua dalam pembinaan akhlak anak secara efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 18 Jan 2024 05:45
Last Modified: 18 Jan 2024 05:45
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25809

Actions (login required)

View Item View Item