EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Aktivitas bimbingan Agama Islam di Panti Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Anak dan Remaja Mulia Satria Banjarbaru

Erikawati, Selfi (2024) Aktivitas bimbingan Agama Islam di Panti Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Anak dan Remaja Mulia Satria Banjarbaru. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text
awalan...pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilator belakangi bahwa banyaknya remaja Kalimantan Selatan yang ditampung di Panti Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Anak dan Remaja Mulia Satria Banjarbaru. Dalam Penelitian ini dicermati dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas bimbingan agama Islam diberikan kepada remaja dari berbagai latar belakang yang berbeda. Dalam aktivitas ini, pembimbing tersedia untuk menawarkan bimbingan Islam kepada remaja sehingga mereka dapat terlibat dalam aktivitas keagamaan Islam dan tumbuh menjadi orang yang lebih baik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana ativitas bimbingan agama Islam yang dilakukan dan faktor pendukung serta penghambat yang berada di Panti Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Anak dan Remaja Mulia Satria Banjarbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif menggunakan metode deskriptif, dan Ustaz Zakaria, pemimpin spiritual di Panti dan 5 orang remaja di antaranya bernama Anjeli, Sherina, Ahmad, Laisa, Fandi. Sedangkan objeknya ialah aktivitas bimbingan agama Islam dan faktor pendukung serta penghambat yang berada di Panti Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Anak dan Remaja Mulia Satria Banjarbaru. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan pengumpulan data dan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dalam membimbing remaja atau remaja menggunakan metode langsung dan metode kelompok. Beberapa materi yang disampaikan adalah materi aqidah meliputi, seperti sifat dua puluh dan rukun iman. Materi ibadah meliputi: mandi wajib, tata cara salat, tayamum, dan berwudhu. Fokus pelajaran adalah mengajarkan suri kisah-kisah tauladan dan bimbingan membaca Alquran, yang diajarkan oleh para pria sebaya. Sedangkan media yang digunakan ialah menggunakan buku untuk menulis dan kitab untuk referensi yakni ada kitab Akhlak Lil Banin, kitab Irsyadul Ibad, kitab fikih Nurul Hidayah, Mutakhrul Hadits. Adapun yang menjadi faktor pendukungnya adalah pembimbing yang memiliki, sarana dan prasarana, dan keinginan remaja yang mengikuti aktivitas bimbingan agama Islam. Sedangkan untuk faktor penghambat dalam bimbingan agama Islam di panti ialah latar belakang agama remaja yang berbeda-beda dan terbatasnya kitab yang digunakan sebagai referensi. Saran yang perlu ditambahkan kepada pembimbing di Panti Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Anak dan Remaja Mulia Satria Banjarbaru bisa menambahkan aktivitas salat sunah dhuha dan untuk para remaja selalu semangat dalam mempelajari dengan giat ajaran agama Islam dan mengamalkan materi yang telah diberikan oleh para pembimbing.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: mr mahyudin S.IPust
Date Deposited: 25 Jan 2024 05:36
Last Modified: 25 Jan 2024 05:36
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25988

Actions (login required)

View Item View Item