EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Konsep Kesehatan Mental Sigmund Freud dalam Perspektif Al-Qur’an

Rabiani, Rabiani (2023) Konsep Kesehatan Mental Sigmund Freud dalam Perspektif Al-Qur’an. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
1 PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (108kB)
[img] Text
2 AWAL.docx.pdf

Download (799kB)
[img] Text
3 ABSTRAK SJ.pdf

Download (101kB)
[img] Text
4 BAB I DONE.pdf

Download (321kB)
[img] Text
5 BAB II DONE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] Text
6 BAB III DONE.pdf

Download (266kB)
[img] Text
7 BAB IV DONE.pdf

Download (430kB)
[img] Text
8 BAB V DONE.pdf

Download (117kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA DONE.pdf

Download (244kB)
[img] Text
10 LAMPIRAN.pdf

Download (161kB)

ABSTRAK

Al-Qur’an merupakan petunjuk dan pedoman hidup bagi seluruh umat islam, setiap sudut kehidupan manusia sudah diatur sedemikian rupa agar berjalan dengan baik dan tentram. Ketentraman yang dimaksud adalah bentuk dari tenangnya hidup manusia baik dari segi jasmani maupun rohani. Dewasa ini, ketenangan secara rohani seringkali disebut dengan kesehatan mental (mental health), yang mana kesehatan mental itu sendiri seringkali disepelekan oleh banyak orang. Sehingga membuat mental seseorang menjadi tidak sehat atau terganggu (mental break down) bahkan menimbulkan perilaku atau sikap yang tidak baik. Dalam konsepnya, Sigmund Freud menjelaskan secara rinci tentang kesehatan mental seseorang yang berpengaruh terhadap tingkahlaku dan perilaku seseorang. Hal ini tentunya akan ditinjau dalam pandangan Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui konsep-konsep kesehatan mental dalam perspektif Al-Qur’an 2). Mengetahui konsep-konsep kesehatan mental Sigmund Freud 3). Mengetahui pandangan Al-Qur’an terhadap konsep kesehatan mental Sigmund Freud. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian yang berupa kajian pustaka (library research), yaitu penelitian yang melibatkan literatur sebagai fokus dari penelitian atau semacam rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca, mencatat, serta mengelola bahan penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah konsep kesehatan mental Sigmund Freud bertentangan dengan Al-Qur’an. Al-Qur’an menjelaskan secara gamblang bahwa kesehatan mental dapat diperoleh dengan cara beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah Swt. Sedangkan Freud menjelaskan bahwa kesehatan mental akan diperoleh jika ego mencapai kemenangan dalam pertarungan yang terjadi antara id (das es), ego (das ich), dan superego (das uber ich). Orang-orang yang memiliki mental yang sehat, jiwanya akan selalu dalam keadaan yang tenang, tanpa ada pertarungan lagi di dalam batinnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: mr Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 25 Mar 2024 00:53
Last Modified: 25 Mar 2024 00:53
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26288

Actions (login required)

View Item View Item