EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manaejmen Dakwah Rubath Nurussa'adah Desa Kintapura Kecamatan Kintap

Ali Mubarak Al Fayat, Ali Mubarak Al Fayat (2024) Manaejmen Dakwah Rubath Nurussa'adah Desa Kintapura Kecamatan Kintap. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (75kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (754kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (110kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Sekolah atau madrasah merupakan jalan dakwah dalam dunia pendidikan yang dilakukan secara formal atau non-formal. Beragam pendidikan Islam tersebar di pelosok nusantara seperti madrasah, sekolah islam terpadu hingga pendidikan islam tertua yaitu pondok pesantren. Salah satu contoh pendidikannya iyalah Rubath atau nama lainnya adalah Zawiyah. Rubath Nurussa’adah merupakan Rubath yang didirikan dan dikelola oleh Habib Ibrahim bin Habib Abdul Hamid Assegaf. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan manajemen dakwah di Rubath Nurussa’adah dengan rumusan masalah bagaimana manajemen dakwah dengan sub fokus yaitu penerapan fungsi dan unsur manajemen pada kegiatan dakwah di Rubath Nurussa’adah dan apa saja faktor yang mendukung serta menghambat pelaksanaan Manajemen Dakwah Rubath Nurussa’adah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptip kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research), subjek penelitian adalah pengasuh dan pengawas Rubath Nurussa’adah objek penelitian adalah Manajemen Dakwah Rubath Nurussa’adah, teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan teknik analisis Miles dan Hubermen. Hasil penelitian manajemen dakwah Rubath Nurussa’adah telah sesuai dengan fungsi manajemen yaitu, dari Fungsi manajemen: 1.Perencanaan, untuk perencanaan membuat jadwal kegiatan rutinan Rubath, 2.Pengorganisasian, fungsi pengorganisasian ini sudah ditentukan oleh Rubath dan adapun untuk yang mengerjakan tugasnya langsung ditunjuk oleh pengasuh dan pengawas Rubath, 3.Penggerak, kerjasama antara pengurus pengajar dan pengasuh Rubath selalu terjalin dengan komunikasi yang baik, 4.Pengawasan, untuk pengawasan langsung di awasi dan dikontrol oleh ustadz/ustadzah, serta santri dan pengasuh Rubath itu sendiri. Adapun unsur manajemen yaitu a) Manusia b) Uang c) Mesin d) Metode e) Bahan f) Pasar.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 12 Jul 2024 02:44
Last Modified: 12 Jul 2024 02:44
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27195

Actions (login required)

View Item View Item