EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penanaman Nilai-Nilai Religius dalam Program Tahfidzul Qur’an Juz 30 SDIT Annida Qolbu di Kota Sampit

Wulandari, Mahjiatul Hana Riski (2024) Penanaman Nilai-Nilai Religius dalam Program Tahfidzul Qur’an Juz 30 SDIT Annida Qolbu di Kota Sampit. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (314kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (636kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (735kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (273kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (380kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penanaman nilai-nilai religius merupakan suatu proses untuk membentuk sikap dan kepribadian seseorang agar terbimbing pola pikir, sikap dan segala tindakan maupun perbuatan yang diambilnya. Hal tersebut diimplementasikan pada SDIT Annida Qolbu melalui program tahfidzul qur’an juz 30. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan penanaman nilai-nilai religius dalam program tahfidzul qur’an juz 30 di SDIT Annida Qolbu Kota Sampit serta mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program tahfidz al-Qur’an di SDIT Annida Qolbu Kota Sampit. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 12 orang yang terdiri dari 3 orang siswa kelas IV yang berusia 9-10 tahun, 3 orang siswi kelas V yang berusia 10-11 tahun, 2 orang siswa kelas VI yang berusia 11-12 tahun, 2 orang guru Pendidikan Agama Islam, 1 orang Kepala Sekolahserta 1 orang ketua yayasan. Objek penelitian ini ialah penanaman nilai-nilai religius melalui program tahfidzul qur’an juz 30 di SDIT Annida Qolbu Kota Sampit. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengolahan data dan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai religius meliputi nilai-nilai yaitu nilai ibadah, ruhul jihad, keteladanan, akhlak dan kedisiplinan, serta amanah dan ikhlas. Nilai-nilai religius ini ditanamkan dalam program tahfidzul qur’an. Program tahfidzul qur’an mencakup 3 kegiatan yakni muroja`ah, bin nadzhar, dan ziyadah atau setoran hafalan baru. Dari Penanaman nilai-nilai religius dalam program tahfidzul qur`an dalam hal ini di dukukung oleh beberapa hal, yaitu faktor kesehatan, kecerdasan, dan motivasi. sementara itu, penanaman nilai-nilai religius dalam hal ini juga diperhambat oleh tidak mampu membaca al-qur’an dengan baik, tidak mampu mengatur waktu, dan pengulangan yang sedikit.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:05
Last Modified: 15 Jul 2024 04:05
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27217

Actions (login required)

View Item View Item