EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Hj. Syahriah Sugianto: Dedikasinya dalam Pembinaan Baca Tulis Al-Qur’an di Kabupaten Balangan

Minanurrahman, Minanurrahman (2024) Hj. Syahriah Sugianto: Dedikasinya dalam Pembinaan Baca Tulis Al-Qur’an di Kabupaten Balangan. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
Surat Pernyataan Keaslian.pdf

Download (279kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (923kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (110kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Membaca Al-Qur’an merupakan suatu ibadah yang sangat dianjurkan. Membaca Al�Qur’an akan bernilai ibadah apabila dalam membacanya sesuai dengan kaidah atau tuntunan ilmu tajwid yang benar. Selain harus mengusai tajwid, Rasulallah saw juga memerintahkan ketika membaca Al-Qur’an untuk membaguskan bacaan sesuai dengan kaidah tajwid. Dalam pelaksanaan pembelajaran seni tilawah Al-Qur’an, tentunya membutuhkan bimbingan khusus dari seorang guru yang memiliki keahlian di bidangnya, misalnya berpengalaman dan berprestasi. Di Kalimantan Selatan, tepatnya di Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan terdapat salah satu pengajar yang secara khusus melakukan pembinaan baca tulis Al-Qur’an, beliau adalah Hj. Syahriah Sugianto. Hj. Syahriah Sugianto telah melakukan pembinaan baca tulis Al-Qur’an selama 25 tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dedikasi Hj. Syahriah Sugianto dalam pembinaan baca tulis Al-Qur’an di Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan (2) Untuk mengetahui Metode yang digunakan Hj. Syahriah Sugianto dalam pembinaan baca tulis Al-Qur’an di Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan living Qur’an yaitu pendekatan penelitian terhadap fenomena Al-Qur’an yang hidup di tengah-tengah masyarakat. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Melalui dedikasinya, Hj. Syahriah Sugianto telah berhasil menyebarkan pendidikan agama Islam, termasuk pembinaan baca tulis Al-Qur'an, ke organisasi dan beberapa instansi yang lebih luas. Ini bisa terjadi melalui pendirian sekolah-sekolah Islam baru, penyelenggaraan program-program pendidikan agama di masjid-masjid, atau kegiatan�kegiatan sosial dan keagamaan lainnya.Setelah dilakukan penelitian dengan data-data terkait ditemukan bahwa pembinaan baca tulis Al-Qur’an merupakan sebuah aktivitas dalam mengembangkan sebuah kegiatan yang memiliki pengaruh bagi masyarakat sekitar terkhusus di daerah Balangan.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 17 Jul 2024 01:33
Last Modified: 17 Jul 2024 01:33
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27254

Actions (login required)

View Item View Item