EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Kepemimpinan Kiai Dalam Meningkatkan Prestasi Santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Istiqamah Mantewe

Khasanah, Siti Rodiatul (2024) Implementasi Kepemimpinan Kiai Dalam Meningkatkan Prestasi Santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Istiqamah Mantewe. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (104kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (747kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

ABSTRAK

Pada era kompetitif ini, banyak pesantren yang berusaha untuk mewujudkan santri-santrinya supaya mampu mengembangkan potensi yang dimiliki dan berkreasi dalam bidang-bidang tertentu. Pentingnya peran kepemimpinan kiai dalam pengembangan sumber daya manusia untuk mencetak generasi berkualitas yang mampu meraih prestasi-prestasi dalam berbagai bidang dan mampu bersaing secara global. Terkait dengan hal tersebut, peneliti menggunakan teori EMASLIM yang meliputi, educator (pendidik), manajer (pengelola), supervisor (pengawas), leader (pemimpin), innovator (pengembang), dan motivator untuk mendeskripsikan kepemimpinan kiai dalam meningkatkan prestasi santri di pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) yaitu meneliti secara langsung dengan turun ke lapangan untuk menggali, menghimpun dan mengumpulkan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu pendekatan yang lebih menekankan analisisnya pada proses penyimpulan secara induktif serta pada analisis terhadap dinamika hubungan antara fenomena yang diamati, dengan menggunakan logika ilmiah. Hasil penelitian ini menemukan bahwa peran kiai di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Istiqamah Mantewe sebagai educator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator dalam meningkatkan prestasi santri secara keseluruhan telah berjalan dengan baik, namun masih ada beberapa yang belum optimal dalam beberapa aspek. Sebagai educator, kiai membimbing dan memberikan pendidikan agama dan akhlak yang mendalam serta memastikan keterlibatan aktif dalam proses belajar santri. Sebagai manajer, dalam pengorganisasian masih perlu ditingkatkan, sedangkan pada perencanaan dan pelaksanaan sudah baik karena kiai selalu terlibat dalam program-program peningkatan prestasi santri dengan memberikan bimbingan dan arahan. Sebagai administrator, kiai sudah mendistribusikan tugas administratif, namun ditemukan masih ada pengelolaan administrasi yang kurang optimal seperti dalam pengelolaan sarana dan prasarana. Sebagai supervisor, pengawasan dilakukan secara informal tanpa dokumentasi tertulis dan dalam pelaksanaan pengawasannya masih belum memiliki jadwal yang terstruktur dengan jelas. Sebagai leader, kiai telah menjalankan program untuk mewujudkan visi dan misi, melalui program-program dalam meningkatkan prestasi santri. Sebagai inovator, kiai telah memperkenalkan kegiatan dan metode pengajaran baru yang efektif dalam meningkatkan kemampuan santri salah satunya dalam memperkaya kosa kata bahasa arab. Sebagai motivator, kiai berhasil menciptakan lingkungan yang mendukung dan memotivasi santri untuk dapat meningkatkan prestasinya.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 19 Jul 2024 01:05
Last Modified: 22 Jul 2024 02:07
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27283

Actions (login required)

View Item View Item