EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Strategi Pengembangan Pondok Pesantren Nurul Hidayah Lok Baintan Kab. Banjar

Sari, Norlaila (2024) Strategi Pengembangan Pondok Pesantren Nurul Hidayah Lok Baintan Kab. Banjar. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (222kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (613kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (563kB)

ABSTRAK

Kata Kunci : Strategi Pengembangan, Pondok Pesantren Sebuah lembaga organisasi pada kebiasaannya memerlukan strategi untuk mencapai target sesuai dengan yang diharapkan, sebuah organisasi tidak akan lepas dari faktor manajemen dan strategi yang mana kedua hal itu saling berkaitan satu sama lainnya. Sehingga memerlukan sebuah strategi yang harus dijalankan dengan baik pula. Strategi merupakan rancangan kegiatan yang akan dilakukan untuk meraih tujuan dan sasaran yang telah dibuat, strategi dibutuhkan agar sebuah kegiatan dapat berjalan dengan lebih terarah. Persoalan yang dikaji dalam skripsi ini yaitu tentang strategi pengembangan Pondok Pesantren Nurul Hidayah Lok Baintan Kab. Banjar. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu bagaimana strategi pengembangan Pondok Pesantren Nurul Hidayah Lok Baintan Kab. Banjar, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan Pondok Pesantren Nurul Hidayah Lok Baintan Kab. Banjar. Penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Yakni dengan menggambarkan keadaan yang terjadi di lapangan (field research). Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara (interview). Berdasarkan hasil penelitian ini, ditemukan bahwa strategi yang digunakan Pondok Pesantren Nurul Hidayah Lok Baintan Kab. Banjar mencakup beberapa aspek utama, yaitu peningkatan mutu pendidikan melalui kurikulum yang terintegrasi antara ilmu agama dan ilmu umum, pengembangan sumber daya manusia melalui pelatihan intensif untuk pengajar dan staf, investasi dalam infrastruktur modern. Selain itu, ada peningkatan kualitas santri melalui program tahfidz Al-Qur'an dan pembinaan karakter, serta adaptasi terhadap teknologi dan metode pengelolaan modern untuk memastikan pendidikan Islam yang berkualitas tinggi dan relevan dengan tuntutan zaman. Faktor pendukung dalam mengembangkan Pondok Pesantren Nurul Hidayah mencakup fasilitas yang sudah memadai, anggaran dana yang dikelola dengan baik, dukungan penuh dari ketua Yayasan Pondok Pesantren Nurul Hidayah, kualitas manajemen dan kepemimpinan yang baik, serta sumber daya manusia yang kompeten. Namun, terdapat beberapa faktor penghambat, seperti keterbatasan kreativitas di kalangan santri dan tenaga pengajar, serta persaingan dari pendidikan formal yang setara. Faktor-faktor penghambat lainnya termasuk keterbatasan sumber daya finansial dan manusia, kendala manajerial, kendala sosial dan budaya.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 21 Jul 2024 23:49
Last Modified: 21 Jul 2024 23:49
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27300

Actions (login required)

View Item View Item