EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Kepala Perpustakaan dalam Meningkatkan Akreditasi Perpustakaan MAN 2 Kota Banjarmasin

Kamilia, Ihdini (2024) Peran Kepala Perpustakaan dalam Meningkatkan Akreditasi Perpustakaan MAN 2 Kota Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN IHDINI KAMILIA.pdf

Download (98kB)
[img] Text
AWAL IHDINI KAMILIA.pdf

Download (827kB)
[img] Text
ABSTRAK IHDINI KAMILIA.pdf

Download (29kB)
[img] Text
BAB I IHDINI KAMILIA.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB II IHDINI KAMILIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
BAB III IHDINI KAMILIA.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB IV IHDINI KAMILIA.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB V IHDINI KAMILIA.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA IHDINI KAMILIA.pdf

Download (137kB)
[img] Text
LAMPIRAN IHDINI KAMILIA.pdf

Download (6MB)

ABSTRAK

Perpustakaan MAN 2 Kota Banjarmasin terakreditasi A. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang peran kepala perpustakaan MAN 2 Kota Banjarmasin dalam memperoleh akreditasi. Peran dari pemimpin yang mampu mengarahkan dan membimbing pustakawannya sehingga tercapainya suatu tujuan salah satunya adalah akreditasi. Perpustakaan MAN 2 Kota Banjarmasin diharapkan mampu menjadi contoh baik untuk perpustakaan lain dalam menggelola perpustakaan . Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana peran kepala perpustakaan dalam menjalankan enam komponen, yaitu koleksi perpustakaan, sarana dan prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan dan pengelolaan dan komponen penguat yang menjadi penilaian akreditasi perpustakaan sesuai standar pedoman dan undang-undang perpustakaan yang berlaku dan menggali tentang faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mendapatkan akreditasi. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif dalam pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu kepala perpustakaan dan pustakawan MAN 2 Kota Banjarmasin dan objeknya dalam penelitian adalah peran kepala perpustakaan dalam meningkatkan akreditasi perpustakaan serta teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sehingga menghasilkan data temuan yang diperkuat oleh teori-teori yang digunakan dalam penelitian Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepala perpustakaan berdasarkan standar penilaian akreditasi perpustakaan telah memenuhi enam komponen akreditasi berdasarkan Peraturan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2018 tentang Instrumen Akreditasi Perpustakaan Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah. Enam komponen tersebut adalah koleksi perpustakaan, sarana dan prasarana, pelayanan perpustakaaan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan dan komponen penguat. dan faktor penghambat di perpustakaan adalah kekurangan pustakawan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 26 Jul 2024 02:26
Last Modified: 26 Jul 2024 02:26
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27481

Actions (login required)

View Item View Item