EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pemahaman Mahasiswa Program Khusus Ulama UIN Antasari Banjarmasin Terhadap Bullying di dalam Q.S. al- ujur ̂t/49:11

Silmia, Silmia (2024) Pemahaman Mahasiswa Program Khusus Ulama UIN Antasari Banjarmasin Terhadap Bullying di dalam Q.S. al- ujur ̂t/49:11. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (267kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (843kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (683kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (693kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB)
[img] Text
Lampiran-lampiran.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Seiring dengan perkembangan zaman, bullying tidak hanya terjadi di dunia nyata saja, namun juga terjadi di dunia maya, bahkan menjadi kebiasaan sehari tanpa disadari dapat merusak kenyamanan masyarakat. Dalam hukum Islam bullying sendiri dilarang karena dapat menimbulkan rusaknya hubungan antar manusia (hablum minann ̂s) dan berbagai kerugian lain yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. Bullying merupakan tindakan yang tidak bertanggung jawab yang berupa mengganggu, mengintimidasi, menekan, mengucilkan, merendahkan, mengolok-olok dan melukai orang lain yang dianggap lemah baik secara fisik, verbal, dan psikis yang dilakukan dengan sengaja. Sehingga penulis tertarik untuk mengetahui bagaimana Mahasiswa Program Khusus Ulama UIN Antasari Banjarmasin memahami bullying yang yang terkandung dalam Q.S. al- ujur ̂t/49:11. Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman seorang mahasiswa yang tepilih di dalam Program Khusus Ulama tentang bullying yang terdapat pada Q.S. al- ujur ̂ t/49:11. Metode yang digunakan dalam penelitian lapangan ini adalah metode penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dalam bentuk kata-kata tertulis. Teknik yang dilakukan untuk mengumpulkan data adalah wawancara dan dokumentasi dengan Informan serta menggunakan data-data berupa dokumen-dokumen tertulis untuk melengkapi data yang telah didapat. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa sebagian besar dari mereka memahami istilah bullying yang terdapat di dalam Q.S. al- ujur ̂ t/49:11. Meskipun di dalam ayat tersebut tidak megatakan bullying dalam bentuk kata secara jelas, tetapi mereka mengetahui bahwa makna tersebut adalah tindakan bullying. Mereka juga mengatakan bahwa kata perempuan yang disebutkan di dalam ayat Q.S. Al- ujur ̂t/49:11 adalah penghkususan kepada perempuan yang pandai menggosip, mengolok-olok dan lain sebaginya karena Allah mengetahui perilaku wanita, oleh sebab itu Allah memperingati wanita-wanita karena wanita bisa berbicara tanpa pikir panjang dan seenaknya mengeluarkan apa yang ada dihatinya tanpa berfikir apakah itu dapat menyakiti orang lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:02
Last Modified: 31 Jul 2024 03:03
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27620

Actions (login required)

View Item View Item