EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pesan Moral dalam Buku Paribahasa dan Ungkapan Banjar Bawa Batanang Karya Noorhalis Majid

Safari, Abdus Shalam (2024) Pesan Moral dalam Buku Paribahasa dan Ungkapan Banjar Bawa Batanang Karya Noorhalis Majid. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (98kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (933kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (526kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf

Download (213kB)

ABSTRAK

Dengan berjalannya waktu dan kemajuan peradaban, budaya kita sebagai warga Kota Seribu Sungai mengalami penurunan, termasuk dalam hal penggunaan peribahasa orang Banjar yang memiliki banyak makna yang relevan untuk kehidupan sehari-hari dan interaksi sosial. Sehingga untuk memberi nasehat dan peringatan kini sudah jarang memakai peribahasa, padahal peribahasa dan ungkapan Banjar ini sudah menjadi budaya yang mengakar, namun akar itu seakan-akan dicabut oleh kemajuan zaman. Buku Noorhalis Majid yang membahas peribahasa Banjar untuk memastikan warisan ini tidak dilupakan dan untuk merawat makna kehidupan serta nilai moral yang terkandung di dalamnya. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui Apa Saja Pesan Moral yang terkandung dalam Buku Peribahasa dan Ungkapan Banjar Bawa Batanang Karya Noorhalis Majid. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis). Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah buku Peribahasa dan Ungkapan Banjar Bawa Batanang Karya Noorhalis Majid. Objek dalam penelitian ini adalah pesan-pesan moral yang terkandung dalam buku Peribahasa dan Ungkapan Banjar Bawa Batanang Karya Noorhalis Majid. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi dokumentasi. Data dalam penelitian ini yakni dengan dengan cara dianalisis menggunakan metode analisis isi kualitatif dengan model etnografi. Hasil dari penelitian yang dilakukan untuk terhadap pesan moral yang terdapat pada buku peribahasa karya Noorhalis Majid yakni iketahui bahwa terdapat 6 pesan moral yang ada di dalam buku karya Noorhalis Majid yaitu jujur, syukur, sabar, tanggung jawab, berbuat baik dan konsisten. Masing-masing niai moral yang terdapat pada buku ini dibalut dan dibungkus dalam ungkapan peribahasa Banjar.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 08 Aug 2024 02:09
Last Modified: 08 Aug 2024 02:09
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27694

Actions (login required)

View Item View Item