EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Tahfizh Al-Qur'an pada Lembaga Tahfizh Hidayatul Qur'an di Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin

Kamal, Faiez (2024) Tahfizh Al-Qur'an pada Lembaga Tahfizh Hidayatul Qur'an di Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (158kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (892kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (172kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (495kB)

ABSTRAK

Kegiatan menghafal Al-Quran adalah hal yang sedang menjadi tranding topic pada saat ini. Pondok-pondok tahfizh Al-Quran semakin banyak bermunculan di berbagai kota hingga ke pelosok desa. trend kembali pada Al-Quran mulai marak, terutama di kalangan generasi muda. Kesadaran umat Islam di Indonesia untuk kembali dan semakin dekat dengan Al-Quran beberapa tahun terakhir ini semakin tinggi. Banyak pondok-pondok, surau-surau, pesantren-pesantren dan madrasahmadrasah hingga perguruan tinggi terdapat pula usaha menghafal Al-Quran. Diantaranya adalah Lembaga Tahfizh Hidayatul Qur’an di Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana mereka menerapkan proses menghafal Al-Qur’an kepada santrinya, dan apa penerapan metode menghafal Al-Qur’annya serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi para siswa-siswi dalam menghafal Al-Qur’an di Lembaga Tahfizh Hidayatul Qur’an di Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), Sedangkan sifat penelitian ini adalah kualitatif, kemudian pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif analitis, yaitu melakukan analisis dan menyajikan fakta secara sistematik, dan objek dari penelitian ini adalah Lembaga Tahfizh Hidayatul Qur’an di Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin. Hasil yang penulis temukan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: yang pertama bahwa Lembaga Tahfizh Hidayatul Qur’an di Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin proses pembelajarannya setiap hari dari senin sampai dengan kamis melalui cara talqin. Kedua Lembaga Tahfizh Hidayatul Qur’an di Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin menggunakan metode klasikal dan metode privat. Metode klasikal caranya, setiap hari sabtu itu dijadwalkan kegiatan setoran hafalan. Dan ketiga faktor faktor penghambat adalah karena rasa malas, tidak bisa memanajemen waktu, kelelahan yang berakibat ngantuk kesehatan yang sering terganggu, masalah ekonomi serta tidak lancarnya membaca AlQur’an.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 26 Aug 2024 00:12
Last Modified: 26 Aug 2024 00:12
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27757

Actions (login required)

View Item View Item