EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Moderasi Beragama di SMA Kabupaten Paser

Rahim, Abdan (2024) Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Moderasi Beragama di SMA Kabupaten Paser. Disertasi, Pascasarjana.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (78kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (428kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (922kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (464kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (933kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (784kB)
[img] Text
9. BAB VI.pdf

Download (393kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (331kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

ABSTRAK

Salah satu corak pendidikan yang mewarnai penyelenggaraan pendidikan di Indonesia adalah “Moderasi Beragama”. Pendidikan ini sangat penting diterapkan untuk meminimalisir dan mencegah terjadinya konflik di beberapa daerah. Moderasi Beragama merupakan sikap “peduli” dan mau mengerti (difference), atau “politics of recognition” politik pengakuan terhadap orang-orang dari kelompok minoritas. Penelitian ini berusaha mendeskripsikan, menganalisis, dan mengkaji 1) Konsep dan Tujuan PAI dalam moderasi beragama. 2) Praktik PAI dalam membangun moderasi beragama. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif analitik. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan informan yang dipilih secara khusus (purposive sampling), serta didukung dengan observasi dan penelusuran dokumen yang terkait. Disertasi ini merupakan studi fenomenologi dengan pendekatan multikulturalisme dan menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Kesimpulan dari penelitian ini antara lain: 1) Konsep dan tujuan Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membangun moderasi beragama menekankan pentingnya integrasi antara pendidikan Agama Islam (PAI) melalui pendekatan multikultural dalam proses pembelajaran. Baik melalui kurikulum merdeka, Kurikulum 2013, maupun Kurikulum JSIT, keduanya mengupayakan pembentukan karakter siswa yang toleran, menghargai keragaman budaya, dan memiliki kesiapan untuk berinteraksi dalam masyarakat yang beragam secara agama dan etnis. Mereka berhasil menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif, harmonis, dan penuh toleransi, yang menghasilkan siswa yang memiliki sikap positif terhadap keragaman budaya dan agama masing�masing. Hal ini mengindikasikan bahwa pendidikan Agama Islam yang mengintegrasikan pendekatan multikultural dapat memberikan dampak positif yang signifikan dalam membangun moderasi beragama untuk membentuk masyarakat yang lebih harmonis, damai, dan inklusif. 2) Praktik PAI menerapkan pendekatan multikultural yang dicontohkan oleh warga sekolah dan pendekatan pemberian suri tauladan oleh guru kepada siswa. Adapun penggunaan metode PAI dalam pembelajaran yaitu diskusi, tanya jawab, ceramah, study case, serta pemanfaatan teknologi berbasis ICT dalam pembelajaran PAI. Adapun diluar pembelajaran yakni mengedepankan saling bekerjasama, menghormati perbedaan, dan meningkatkan/mempererat persaudaraan. Pendekatan dan metode ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, harmonis, dan penuh toleransi di sekolah.

Item Type: Disertasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana (Magister dan Dokter) > S3 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 02 Sep 2024 00:44
Last Modified: 02 Sep 2024 00:44
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27799

Actions (login required)

View Item View Item